Analisis maslahah mursalah terhadap wali adal di KUA Driyorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alista, El Safinah (2018) Analisis maslahah mursalah terhadap wali adal di KUA Driyorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
El Safinah Alista_C71214072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian lapangan untuk menjawab perntanyaan bagaimana Bagaimana mekanisme wali ad{al di KUA Driyorejo dan bagaimana analisis Maslahah Mursalah terhadap mekanisme wali ad{al di KUA Driyorejo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian kualitatif dengan pola pikir deduktif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil lokasi di KUA Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun hasil penelitian inimekanisme wali ad}al dengan calon pengantin yaitu, Pegawai Pencatat Nikah tidak langsung mengiyakan keterangan yang diberikan oleh catin perempuan. Pegawai Pencatat Nikah bertemu langsung dan menanyakan keterangan dari wali. Jika ditinjau dalam mas}lah}ah mu>rsalah terhadap mekanisme terhadap wali ad}aldi KUA Driyorejo dalam memediasi antara wali yang menolak dengan calon pengantin adalah ditekankan kepada manfaatnya dan meniadakan mad}aratnya dalam pengambilan keputusan disetiap permasalahan.Dengan pertimbangan dapat mewujudkan kebaikan dan menghindari keburukan. Mediasi sangatlah dianjurkan ketika adanya perselisihan. Jika dalam Peraturan Menteri Agama No 30 Tahun 2005 upaya yang dilakukan oleh Pegawai Pencatat Nikah telah menjalankan apa yang sudah diatur, yaitusebelum akad nikah dilangsungkan wali hakim meminta kembali kepada wali nasabnya untuk menikahkan calon mempelai wanita, sekalipun sudah ada penetapan Pengadilan Agama tentang adhalnya wali.Apabila wali nasabnya tetap adhal, maka akad nikah dilangsungkan dengan wali hakim. Penelitian yang dilakukan oleh penulis agar PPN dalam bertindak mengambil keputusan tentang wali hakim tidak serta merta mengiyakan. Pengupayaan menghadirkan wali nasab dalam pernikahan anak perempuan yang dilakukan oleh PPN juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban orang tua terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alista, El Safinahelalista31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Nikah > Wali Nikah
Uncontrolled Keywords: Maslahah mursalah; wali adal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Alista El Safinah
Date Deposited: 07 May 2018 07:06
Last Modified: 07 May 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24798

Actions (login required)

View Item View Item