Analisis hukum Islam terhadap tradisi Mepamit di Kota Denpasar Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusadi, Nurida (2018) Analisis hukum Islam terhadap tradisi Mepamit di Kota Denpasar Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurida Rusadi_C91214115.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana tradisi perkawinan Mepamit antara calon pengantin lelaki dengan calon pengantin perempuan di Denpasar Barat, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap tradisi Mepamit di Denpasar Barat. Guna menjawab pertanyaan diatas, penulis melakukan penelitian dan mengumpulkan data dengan menggunakanwawancara (interview).Jenis wawancara yang diterapkan adalah wawancara terstruktur yang hanya memuat pertanyaan-pertanyaan pokok permasalahan yang ditanyakan pada tokoh masyarakat, masyarakat yang melakukan adat Mepamit,kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adat Mepamit ini telah dilakukan oleh masyarakat Kota Denpasar Barat secara turun-temurun hingga sekarang. Adat Mepamit yaitu calon mempelai laki-laki beragama Islam dan calon mempelai wanita beragama Hindu berpamitan di Pura yang disaksikan oleh keluarga, masyarakat, tokoh adat/agama sebagai pengesahan hubungan pernikahan. Adat Mepamit menurut analisis hukum Islam ditinjau dari segi ‘urf (adat), adat ini termasuk teori ‘urf fasid meskipun sudah menjadi tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyaraakat di Bali. Dalam perspektif hukum Islam pelaksanaan adat Mepamit, yakni calon mempelai laki-laki yang beragama Islam memamitkan calon mempelai wanita di Pura termasuk ‘urf lafzi yang tidak sesuai dengan agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka hendaknya setiap pelaksanaan pernikahan agama dilaksanakan sesuai dengan hukum perkawinan Islam karena menurut analisis hukum Islam calon mempelai laki-laki yang beragama Islam. Kepada tokoh agama, tokoh masyarakat hendaknya memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait perkawinan yang benar dalam pandangan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusadi, Nuridanuridarusadi96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Tradisi Mepamit; 'urf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rusadi Nurida
Date Deposited: 07 May 2018 08:23
Last Modified: 07 May 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item View Item