تحليل تطبيق مادة الاستماع باستخدام الكتاب "سلسلة الدورة المكثفة في اللغة العربية" عند نظرية ريتثارد بمعهد الفاطمية بحر العلوم تمبأ براس جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzdalifatin, Aida Maulidia (2018) تحليل تطبيق مادة الاستماع باستخدام الكتاب "سلسلة الدورة المكثفة في اللغة العربية" عند نظرية ريتثارد بمعهد الفاطمية بحر العلوم تمبأ براس جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Maulidia Muzdalifatin_DO2214001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Materi pembelajaran adalah setiap materi yang digunakan untuk membantu pengajar atau guru dalam proses belajar mengajar dikelas sehingga memungkinkan pembelajar mempelajari bahasa arab dengan mudah sehingga guru tidak perlu memberikan banyak peran dalam proses pembelajaran. Dan dimungkinkan juga berlangsungnya proses pembelajaran antara pembelajar dan guru sehingga menghasilkan pembelajaran yang diinginkan. Banyak murid yang yang belajar menggunakan buku namun kemampuan mereka dalam bahasa arab masih kurang terutama dalam materi istima’. Mereka lebih menyukai pembelajaran membaca dan menulis yang berhubungan dengan menerjemah dan mengarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa asas-asas penyusunan materi ajar keterampilan istima’ dan penerapanya untuk pembelajar non Arab khususnya santri dipondok pesantren. dalam hal ini peneliti memakai teori Richard dalam proses analisisnya yang merupakan sebuah pendekatan untuk meyusun materi istima’ komunikatif sekaligus penerepannya, yakni pada kitab Silsilah Al- Dauroh Al-mukatsafah fii Al-Lughoh Al-arabiyah yang digunakan pada Program Pengembangan Bahasa Asing ( bahasa arab ) di Pondok Pesantren Al-fathimiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Kitab Silsilah Al- Dauroh Al-mukatsafah fii Al-Lughoh Al-arabiyah merupakan bahan ajar yang bersumber dari beberapa kitab karangan para pakar pembelajarn bahasa di Timur Tengah, seperti ‘Arabiyah Bayna Yadayka dan Durus Al-Lughoh Al-‘Arabiayh dan lain-lain. Kitab ini didesain dengan memunculkan variasi soal yang tidak disebutkan di sumber kitab. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana isi materi istima’ dengan menggunakan kitab “Silsilah Al- Dauroh Al-mukatsafah fii Al-Lughoh Al-arabiyah” menurut teori Richards, 2.bagaimana penerapan materi istima’ menggunakan kitab “Silsilah Al- Dauroh Al-mukatsafah fii Al-Lughoh Al-arabiyah” menurut teori Richards 3. Bagaimana permasalahan dan solusinya dalam penerapan materi istima’ menggunakan kitab “Silsilah Al- Dauroh Al-mukatsafah fii Al-Lughoh Al-arabiyah” menurut teori Richards.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitataif lapangan yang bersifat library research ( penelitian kepustakaan ) dalam menganalisis isi materi dan analistis deskripstif dalam penelitian penerapannya. Dari empat pendekatan penyusunan materi istima’ menurut ricahards, yakni Bottom-up Processing, Top-Down Processing, Transactional dan Interactional secara umum baik materi kitab maupun penerapannya lebih condong kepada Bottom-up Processing dan Transactional. Karena baik materi maupun penerapannya lebih condong kepada memberi makna secara terperinci seperti dari segi materi : menggunakan soal pilihan ganda dan bersifat mendikte dan dari segi penerapan : lebih condong menggunakan metode Qowaid wa Tarjamah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzdalifatin, Aida Maulidiaaida.maulidia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Penerapan Materi Istima’; Teori Richard
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muzdalifatin Aida Maulidia
Date Deposited: 07 May 2018 03:50
Last Modified: 07 May 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24778

Actions (login required)

View Item View Item