Studi komparasi hasil belajar siswa Kelas VII dari MI dan SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurmaida, Hanadudu (2018) Studi komparasi hasil belajar siswa Kelas VII dari MI dan SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanadudu Nurmaida_D71214064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hanadudu Nurmaida. D71214064. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Dari Mi Dan Sd Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Pembimbing Drs. H. Achmad Zaini, MA dan Prof. Dr. H. Moch. Tolchah, M. Ag. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun ermasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaiman hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari MI di SMP Negeri 1 Tarik? (2) Bagaimana hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang berasal dari SD di SMP Negeri 1 Tarik? (3) Bagaimanaperbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari MI dan SD di SMP Negeri 1 Tarik? Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah siswa dengan latar belakang SD yang ada dalam sekolah daripada siswa dengan latar belakang MI sehingga ini akan menimbulkan pertanyaan apakah hasil belajar PAI siswa yang berlatar belakang MI menurun dan hasil belajar siswa latar belakang SD jauh lebih baik. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tarik Sidoarjo, dengan jumlah populasi 278 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarik. Sampel yang di ambil adalah 23 orang siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah dan 23 orang siswa yang berasal dari Sekolah Dasar. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analisis “t” test untuk menyatakan adanya perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang berasal dari SD dengan siswa yang berasal dari MI di SMP Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS (uji t) dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar PAI pada siswa yang berlatar belakang MI di SMP Negeri 1 Tarik adalah 85,94, (2) rata-rata hasil belajar PAI pada siswa yang berlatar belakang SD di SMP Negeri 1 Tarik adalah 84,15, (3) Dari hasil analisis uji t atau T-test menyatakan tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa yang berlatar belakang MI maupun SD. Walaupun terdapat sedikit selisih dalam nilai yang di peroleh siswa yang berlatar belakng MI dan SD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurmaida, Hanaduduhana_dudu@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Belajar
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Komparasi; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurmaida Hanadudu
Date Deposited: 09 May 2018 07:49
Last Modified: 09 May 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item View Item