Studi komparasi prestasi belajar PAI yang aktif melaksanakan shalat dhuha dan yang tidak aktif melaksanakan shalat dhuha pada kelas X di SMAN 1 Gedangan

Pramita, Reynelda (2018) Studi komparasi prestasi belajar PAI yang aktif melaksanakan shalat dhuha dan yang tidak aktif melaksanakan shalat dhuha pada kelas X di SMAN 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Reynelda Pramita_D71214048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dengan melakukan shalat, hati akan terasa tentram dan damai karena kita akan merasa dekat dengan Allah Swt. Ketika kita merasa dekat dengan-Nya, kita akan dimudahkan segala sesuatu yang kita niatkan positif. Oleh karena itu, shalat adalah perwujudan komunikasi kita dengan Allah., selain sebagai penghubung antara manusia dengan Allah, shalat juga dapat dijadikan sebagai media untuk membentuk akhlak yang positif yang sangat perlu diajarkan kepada anak-anak, salah satunya yaitu memiliki sikap disiplin. Dengan disiplin hidup akan menjadi lebih teratur dan ia akan mudah meraih kesuksesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA 1 Gedangan yang aktif melaksanakan shalat dhuha, (2) menjelaskan prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA 1 Gedangan yang tidak aktif melaksanakan shalat dhuha (3) menjelaskan perbandingan prestasi Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA 1 Gedangan yang aktif melakukan shalat dhuha dengan yang tidak aktif. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 300 siswa kelas x SMAN 1 Gedangan. Sampel yang diambil adalah 20% dari populasi yaitu 60 siswa. Lokasi yang diteliti adalah SMAN 1 Gedangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil prestasi belajar PAI yang aktif melaksanakan shalat dhuha lebih baik. ( 2 ) hasil hasil prestasi belajar PAI yang tidak aktif melaksanakan shalat dhuha lebih cukup baik. (3) adanya perbandingan prestasi Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA 1 Gedangan yang aktif melakukan shalat dhuha dengan yang tidak aktif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Faizin, Moh.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Shalat Dhuha; Prestasi Hasil Belajar
Subjects: Salat > Salat Dhuha
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pramita Reynelda
Date Deposited: 07 May 2018 04:11
Last Modified: 07 May 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24758

Actions (login required)

View Item View Item