Efektivitas penggunaan media audiovisual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Fitri (2018) Efektivitas penggunaan media audiovisual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Hidayati_D71214039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan media audiovisual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih , yang dewasa ini media telah memberikan motivasi dan merangsang siswa untuk giat belajar , dengan media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkret, dan realistis dan media dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dalam permasalahan selanjutnya terkait keberhasilan dan efektivitas belajar siswa setelah menggunakan media audiovisual pada mata pelajaran fiqih di Man Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode mixed Method , yang merupakan gabungan dari penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan belajar pada siswa dengan menggunakan media audiovisual. Metode kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur efektivitas penggunaan media audiovisual terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran fiqih di Man Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, : uji hipotesis menggunakan perhitungan uji-t. Berdasarkan taraf signifikan 1% dan 5% dengan N = 37 diperoleh thitung 15,41 sedangkan taraf signifikan 1%=2,68 atau 5% 1,68 . diketahui t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,68<15,41, 38>1,68 Maka H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan audiovisual pada mata pelajaran fiqih efektif dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, FitriFitrihidayati818@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media; Media audiovisual; Keberhasilan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Fitri
Date Deposited: 07 May 2018 02:20
Last Modified: 07 May 2018 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24755

Actions (login required)

View Item View Item