Pengaruh kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan terhadap pemeliharaan budaya religius siswa di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uripan, Achmad Edi (2018) Pengaruh kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan terhadap pemeliharaan budaya religius siswa di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Edi Uripan_D71214056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo? (2) Bagaimana situasi dan kondisi pemeliharaan budaya religius siswa di Kampoeng Sianoe Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan terhadap pemeliharaan budaya religius siswa di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo? Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan-keunikan budaya religius yang ada di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Keunikan tersebut misalnya cara berpakaiannya ala santri, membudayakan 3s (senyum sapa salam), mengadakan ngaji kitab bagi guru dan siswa, ketika adzan dikumandangkan semua siswa pergi ke masjid tanpa dikontrol terlebih dahulu, di akhir pembelajaran guru mendoakan siswanya dengan diamini langsung oleh mereka, dan masih banyak lagi. Dengan beberapa poin di atas, lembaga pendidikan ini bukan hanya menawarkan kemampuan di bidang kognitif saja, tetapi juga dalam pembentukan akhlak. Sehingga terjadi pemaduan antara ilmu pengetahuan dan agama. Tetapi perlu diingat bahwa budaya religius yang disebutkan di atas tidak serta merta ada dengan sendirinya, dibalik itu tentu ada pengaruh dari kebijakan dan gaya kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan. Data-data penelitian ini dihimpun dari peserta didik di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linear sederhana, dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan Kampoeng Sinaoe Sidoarjo yakni 70,7 %, sehingga dapat dikategorikan baik. (2) Persentase budaya religius siswa di lembaga pendidikan Kampoeng Sinaoe Sidoarjo yakni 71,8 %, sehingga dapat dikategorikan baik. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan pendiri lembaga pendidikan dengan budaya religius siswa Kampoeng Sinaoe Sidoarjo, dengan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,140 lebih besar dari harga t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uripan, Achmad EdiAchmadediuripan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Pendidikan
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; budaya religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uripan Achmad Edi
Date Deposited: 07 May 2018 04:56
Last Modified: 07 May 2018 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24750

Actions (login required)

View Item View Item