Pengaruh budaya organisasi pesantren terhadap peningkatan soft skill santri pondok pesantren Jabal Noer Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikh, Mokhammad Mirza (2018) Pengaruh budaya organisasi pesantren terhadap peningkatan soft skill santri pondok pesantren Jabal Noer Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mokhammad Mirza Farikh_D01213031.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang memiliki budaya organisasi tersendiri. Budaya organisasi pesantren berkaitan dengan agenda, kegiatan, dan peraturan yang harus diikuti dan di taati oleh seluruh santri. Setiap anak (santri) memiliki Soft skill yang harus diasah mulai dini. Dengan adanya berbagai agenda, kegiatan dan peraturan dapat mengasah dan meningkatkan Soft skill santri. Maka dari itu, dapat diketahui Soft skill santri akan terasah dengan agenda, kegiatan dan peraturan yang ada bila santri mentaati dan melaksanakan tugasnya sebagai santri dengan baik. Sebaliknya, jika santri tidak mentaati dan melaksanakan tugasnya dengan baik, maka Soft skill yang dimiliki oleh santri tidak terasah. Penelitian ini dapat digolongkan penelitian kuantitatif dengan fotmat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pondok pesantren Jabal Noer Taman Sidoarjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yakni (Budaya Organisasi Pesantren) dan satu variabel terikat yakni (Soft Skill Santri). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Angket Terbuka dan Angket Tertutup. Data angket terbuka dianalisis dan dideskripsikan sedangkan data angket tertutup dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi pesantren di pondok pesantren jabal noer adalah baik. Soft skill yang dimiliki santri pondok pesantren jabal noer terasah oleh agenda dan kegiatan yang diadakan dan diterapkan. Sedangkan pengaruh budaya organisasi terhadap peningkatan Soft skill santri diterangkan oleh (R^2) =0,33 yakni sebesar 33% dengan persaman regresinya Y ̂=19,19+0,74X.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikh, Mokhammad MirzaMirzafarikh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Budaya organisasi pesantren; soft skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farikh Mokhammad Mirza
Date Deposited: 07 May 2018 08:07
Last Modified: 07 May 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item View Item