Implementasi multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiansyah, Revi Yoga (2018) Implementasi multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Revi Yoga Alfiansyah_D71214077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seseorang dikatakan cerdas bila ia dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam hidupnya dan mampu menghasilkan sesuatu yang berharga atau berguna bagi dirinya maupun umat manusia. tidak ada satupun kegiatan manusia yang hanya menggunakan satu macam kecerdasan, melainkan seluruh kecerdasan yang ada. Semua kecerdasan tersebut bekerja sama sebagai satu kesatuan yang utuh dan terpadu. Komposisi keterpaduannya tentu saja berbeda-beda. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Masalah yang dirumuskan peneliti terhadap penelitan ini adalah Bagaimana implementasi multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo, mulai tahap input, proses hingga output. Untuk menjawab permasalahan tersebut, metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) wawancara, (2) Obeservasi, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis domain, yakni dengan memilah-milah data sehingga terlihat kesamaan tertentu yang dikelompokkan dalam kategori jenis tertentu. Kemudian uji validitas menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yakni, pada tahap input, penerapan multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan dengan baik karena tidak adanya alat ukur khusus yang digunakan dalam mengukur multiple intelligences. Pada tahap proses, penerapan multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan dengan baik karena tidak adanya pembinaan khusus yang membahas multiple intelligences untuk guru ekstrakurikuler. Pada tahap output, penerapan multiple intelligences dalam kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan optimal karena belum adanya penilaian autentik yang utuh. Saran yang diberikan peneliti adalah perlu adanya alat ukur mutliple intelligences, guru ekstrakurikuler harus diberikan pembinaan terkait mutliple intelligences, penilaian harus autentik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiansyah, Revi Yogareviyogaalfiansyah2013@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Multiple intelligences; ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiansyah Revi Yoga
Date Deposited: 07 May 2018 04:44
Last Modified: 07 May 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item