Pengaruh penggunaan e-book (Flip Book Maker) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 39 Surabaya

Izza, Aqidatul (2018) Pengaruh penggunaan e-book (Flip Book Maker) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 39 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqidatul Izza_D71214031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah penggunaan media pembelajaran Flip Book Maker dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 39 Surabaya? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa mata pelajaran PAI dengan media Flip Book Maker di SMP Negeri 39 Surabaya? (3) Adakah pengaruh penggunaan media Flip Book Maker terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI di SMP Negeri 39 Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahwa media E-book menggunakan Flip Book Maker dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan otomatis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di SMP Negeri 39 Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) Penggunaan media flip book maker dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 39 Surabaya dalam kategori kurang, hasil tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang didapat dari hasil prosentase angket sebesar 53,8% (2) Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, maka peneliti dapat menyimpulkan hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 39 Surabaya dalam kategori baik hasil tersebut dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan rata-rata nilai 84 (3) terjadi pengaruh yang sedang antara penggunaan media flip book maker terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 39 Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Subhan, Fa’uti
Uncontrolled Keywords: Flip Book Maker; hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izza Aqidatul
Date Deposited: 09 May 2018 04:51
Last Modified: 09 May 2018 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24730

Actions (login required)

View Item View Item