Peningkatan pemahaman materi kenampakan alam serta keragaman Flora dan Fauna di Indonesia melalui media Flipchart di Kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya

Chasanah, Ismiatul (2018) Peningkatan pemahaman materi kenampakan alam serta keragaman Flora dan Fauna di Indonesia melalui media Flipchart di Kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ismiatul Chasanah_D77214034.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum dapat menghasilkan pemahaman materi oleh siswa menjadi tinggi. Proses belajar yang cenderung pasif serta penggunaan media pembelajaran yang belum dapat menarik perhatian siswa dalam mendapatkan pemahaman secara optimal. Data yang didapatkan menunjukkan dari 15 siswa, hanya 3 siswa yang memenuhi nilai KKM 75, Sedangkan 12 siswa yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka penggunakan media flipchart diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan media flipchart dalam meningkatkan pemahaman IPS materi kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna di Indonesia pada kelas V di MI Muhammadiyah 23 Surabaya dan (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman IPS materi kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna di Indonesia dengan menggunakan media flipchart pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa 15 yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media flipchart dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa dalam materi kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna di Indonesia di kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai 75,81 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 88,71 (baik). Hasil observasi aktivitas siswa siklus I mendapatkan nilai 79,68 (cukup) sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai 90,62 (sangat baik). (2) Peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan media flipchart dapat terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya serta persentase ketuntasan belajarnya. Pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata kelas 39 (kurang sekali) lalu meningkat pada siklus I menjadi 67,33 (kurang) dan dapat meningkat kembali pada siklus II menjadi 80,67 (tinggi). Sedangkan persentase ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 20% (rendah sekali) meningkat pada siklus I menjadi 66,67% (kurang) sedangkan pada siklus II meningkat kembali menjadi 86,67% (tinggi sekali), sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria indikator kinerja.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Materi Kenampakan Alam Serta Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia; Media Flipchart
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chasanah Ismiatul
Date Deposited: 07 May 2018 03:56
Last Modified: 07 May 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24723

Actions (login required)

View Item View Item