تحليل الأخطاء الإملائية في مادة الإنشاء لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثاني بمدرسة أمانة الأمة الثانوية على المستوى الدولي بمعهد نور الأمة الإسلامي باشيت موجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Fadhilatur (2018) تحليل الأخطاء الإملائية في مادة الإنشاء لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثاني بمدرسة أمانة الأمة الثانوية على المستوى الدولي بمعهد نور الأمة الإسلامي باشيت موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fadhilatur Rochmah_D92214065.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan dalam kaidah imla’ khususnya penulisan hamzah. Diantara problem-problem yang timbul dalam benak siswa beraneka. Oleh karena itu, peneliti menganalisis kesalahan siswa pada pelajaran mengarang/insya’ untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya guna meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan imla’ yang ada pada pelajaran insya' bagi siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?. 2) Bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan menulis pada pelajaran insya’ setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ pada siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa kelas XI MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ pada pelajaran insya’?. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk rumusan masalah pertama dan kedua, sedangkan metode kuantitatif untuk rumusan masalah ketiga. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hamzah qoth’ menjadi kesalahan paling banyak yang mana prosentase kesalahannya mencapai 134 kesalahan, hamzah washal 4 kesalahan, hamzah mutawassithah 6 kesalahan, hamzah mutatharrifah 6 kesalahan, dan tidak ditemukan kesalahan dalam penulisan ta’ maftuhah. Adapun pembenaran dan penafsiran kesalahannya tertera pada tabel yang terdapat di bab 4. Juga terdapat adanya peningkatan keterampilan menulis siswa setelah dilakukan analisis kesalahan imla’ yang mana hasil t hitung -9,04 lebih kecil dari hasil t tabel -1,714 dan -2,500.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Fadhilaturfadhilaturrochmah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Menulis
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rochmah Fadhilatur
Date Deposited: 07 May 2018 04:37
Last Modified: 07 May 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24720

Actions (login required)

View Item View Item