Efektivitas program tahfidz al-Qur'an dalam memperkuat karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Rochmatun (2018) Efektivitas program tahfidz al-Qur'an dalam memperkuat karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rochmatun Nafi'ah_D91214122.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas program tahfidz dalam memperkuat karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem. penelitian ini dimaksutkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Lasem?. 2) bagaimana karakter siswa yang mengikuti program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Lasem? 3) bagaimana efktifitas program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Lasem?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatf dengan teknik analisis product moment. Teknik pengambilan sambil menggunakan teknik sampel populasi (keseluruhan sampel). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan menggunkan instrumen angket, wawacarara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1. pelaksanaan program tahfidz yang dijalankan di Madrasah aliyah negeri lasem adaah termasuk kategori baik, dan program ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan saat pembelajaran PAI, dengan target hafalan 1 tahun siswa hafal minimal 5 juz. waktu hafalan yaitu hari senin sampai jum’at. 2. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa memiiliki karakter yang baik hal ini diketahui dari hasil nilai rata-rata yaitu 49,87. Karakter menonjol yang dimiliki siswa adalah karakter religius yang tinggi. 3. Terdapat efektivitas yang positif dan signifikan antara program menghafal Al-Qur’an dan penguatan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Lasem. dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,368 > r tabel dengan taraf signifikasi 5% . hal ini menunjukan adanya korelasi antara variabel X dan Y, karena rxy > r tabel . dengan demikian dapat dikanyatakan signifikan dan menyatakan Ha terima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Rochmatunnafikrohmatun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Perilaku
Keywords: Program tahfidz; karakter siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nafi'ah Rochmatun
Date Deposited: 07 May 2018 01:32
Last Modified: 07 May 2018 01:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24719

Actions (login required)

View Item View Item