Signifikansi kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Noer Ita (2018) Signifikansi kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Noer Ita Anggraeni_D01214019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan tujuan dari pendidikan. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Dalam skripsi ini ada 3 hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? (3)Bagaimana signifikansi kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dan metode komparatif. Di dalam penelitian ini pada hakekatnya berwujud penelitian deskriptif kualitatif dan ditambah metode komparatif guna untuk membandingkan bagaimana hasil dari prestasi belajar siswa. Maka teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif-komparatif. Penerapan teknik analisa deskriptif dilakukan melalui 3 alur kegiatan, yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Kesimpulan atau Verifikasi. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis hasil menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi profesional guru SKI di MTs Darul Ulum Waru sudah cukup baik, namun untuk guru yang belum tersertifikasi atau belum lama berpengalaman mengajar bisa ditingkatkan lagi”. (2) Prestasi siswa-siswi cukup baik, namun prestasinya lebih baik yang diajarkan oleh guru yang memiliki pengalaman lebih banyak (3) Jadi kompetensi profesional guru sangat signifikansi atau sangat penting untuk meningkatan prestasi belajar siswa sehingga guru yang lebih banyak pengalaman mengajar yang bisa cepat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Noer Itaita.anggraeni96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional guru Sejarah Kebudayaan Islam; prestasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggraeni Noer Ita
Date Deposited: 09 May 2018 01:29
Last Modified: 09 May 2018 01:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item View Item