Pengaruh proses pembelajaran dalam teori Behavioristik terhadap kecerdasan sosial dan spiritual peserta didik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An Najiyah Putri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufida, Alfi Nur (2018) Pengaruh proses pembelajaran dalam teori Behavioristik terhadap kecerdasan sosial dan spiritual peserta didik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An Najiyah Putri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfi Nur Mufida_D71214058.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang kental akan sistem klasikal dalam kehidupan kesehariannya. Khususnya di Pondok Pesantren An-Najiyah Putri Surabaya. Salah satunya di madrasah diniyah yaitu dengan sistem pembelajaran klasikal, dengan pengajian kitab dan hafalan serta reinforcement. Hal tersebut sejalan dengan adanya teori belajar Behavioristik, yaitu teori yang memandang belajar sebagai proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respons. Melalui pembiasaan dan berbagai pelajaran agama yang diperoleh di harapkan mampu membentuk akhlak. Kecerdasan spiritual peserta didik secara tidak langsung akan terbentuk, jika ia mampu membangkitkan jiwanya dan melakukan perbuatan yang positif. Selain itu kecerdasan sosial dapat dibentuk pula. Dengan interaksi yang intens dengan teman sebaya maupun orang lain yang berada di lingkungan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pembelajaran dalam teori behavioristik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Najiyah Putri, (2) mengetahui kecerdasan sosial dan spiritual peserta didik di Madrasah Diniyah, (3) mengetahui pengaruh proses pembelajaran dalam teori behavioristik terhadap kecerdasaan sosial dan spiritual peserta didik di Madrasah Diniyah. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik, analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase proses pembelajaran dalam teori Behavioristik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Najiyah Putri cukup baik, yakni 74,7%, (2) Persentase kecerdasan sosial peserta didik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Najiyah Putri adalah baik dengan persentase sebesar 80,9%, dan prosentase kecerdasan spiritual sebesar 83,8%, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara proses pembelajaran dalam teori Behavioristik terhadap kecerdasaan sosial peserta didik di Madrasah Diniyah, diperoleh nilai F hitung sebesar 32,07 > 3,28 F tabel, demikian pula terhadap kecerdasan spiriual, F hitung sebesar 34,845 lebih besar dari F tabel yaitu 3,28. Pengaruh proses pembelajaran dalam teori behavioristik (X) terhadap kecerdasaan sosial (Y1) peserta didik yaitu sebesar 48% dan pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual (Y2) peserta didik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri An-Najiyah yaitu sebesar 50%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufida, Alfi Nuralfi.nmda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Behavioristik; Kecerdasan Sosial; Kecerdasan Spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufida Alfi Nur
Date Deposited: 07 May 2018 04:55
Last Modified: 07 May 2018 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24714

Actions (login required)

View Item View Item