Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Laily Febriani (2018) Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laily Febriani Sakinah_D01214007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pendidikan orang tua dilihat dari segi tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua terhadap anaknya. Pendidikan yang pernah ditempuh orang tua sangat mempengaruhi terhadap pendidikan seorang anak. Di dalam lingkungan keluarga (informal) yang berperan menjadi pendidikan adalah orang tua. Orang tua dalam membimbing anak di rumah berbeda satu sama lain, karena tingkat pendidikan dan latar belakang pendidikan orang tua yang berbeda. Cara membimbing anak di rumah akan berpengaruh terhadap hasil kedisiplinan sholat anak, sehingga anak di sekolah akan mempunyai kedisiplinan yang berbeda sesuai dengan bimbingan yang diperoleh anak dari orang tuanya. Dalam skripsi ini ada 3 hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pendidikan orang tua siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan? (2) Bagaimana kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan? (3) Adakah pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik One way anava (analisis ragam satu arah), menggunakan nilai signifikansi level sebesar 5%. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis hasil menunjukkan bahwa : (1) Latar belakang dari segi tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan yang paling banyak adalah tingkat SMA/ sederajat dengan prosentase sebanyak 57,4%, tergolong “Cukup Baik”. Latar belakang dari segi perbedaan pendidikan orang tua siswa yang sangat disiplin dalam menjalankan sholat sebagian besar orang tuanya berasal dari pendidikan agama islam. Sedangkan orang tua yang tidak berasal dari pendidikan agama tingkat kedisiplinan siswa dalam menjalankan ibadah sholat masih relative kurang (2) Kedisiplinan ibadah sholat siswa di MTsN 2 Lamongan dapat dikategorikan cukup baik dengan hasil prosentase sebesar 54,16% . (3) Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa menggunakan uji anova dengan rincian hasil sebagai berikut SD dengan nilai rata-rata kedisiplinan sebesar 55,6667, SMP mempunyai rata-rata kedisiplinan ibadah sebesar 72,5625, responden yang mempunyai orang tua berpendidikan SMA mempunyai rata-rata kedisiplinan ibadah sebesar 73,5806 dan responden yang mempunyai orang tua berpendidikan perguruan tinggi mempunyai rata-rata kedisiplinan ibadah sebesar 86,75. diperoleh nilai P (P-value) = 0,000. Dengan demikian pada taraf nyata = 0,05 maka ho di tolak, Jadi ada pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII MTsN 2 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Laily Febrianinanafebriliana02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Latar belakang pendidikan orang tua; Ibadah sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sakinah Laily Febriani
Date Deposited: 09 May 2018 01:24
Last Modified: 09 May 2018 01:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24712

Actions (login required)

View Item View Item