Konsep pendidikan perempuan perspektif R.A. Kartini dan relevansinya dengan Pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megawati, Megawati (2018) Konsep pendidikan perempuan perspektif R.A. Kartini dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Megawati_D71214066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada maksud, fungsi dan tujuan pendidikan perempuan baik menurut R.A. Kartini maupun Pendidikan Islam, serta Relevansi keduanya. Oleh karenanya fokus penelitian dalam Skripsi ini diawali dengan pemikiran Kartini mengenai pendidikan perempuan, lalu sudut pandang Islam tentang pendidikan perempuan dan terakhir pada relevansi antara pemikiran R.A. Kartini dengan Pendidikan Islam tentang pendidikan perempuan. Untuk mendapatkan kesimpulan mengenai hal itu, penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research. Dalam proses analisa ini penulis menggunakan beberapa metode diantaranya content analysis dan metode Proses analisa Induksi-deduksi. Dari data yang telah dikumpukan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: (1) Adapun konsep pendidikan perempuan yang digagas oleh Kartini meliputi beberapa hal antaranya: Pertama, pendidikan kesetaraan laki-laki dan perempuan untuk kemajuan bangsa. Kedua, perempuan tempat pendidikan yang pertama. Ketiga, perempuan menjadi pembawa peradaban dan kunci kemajuan bangsa. Keempat, pendidikan itu perlu adanya mendidik budi dan jiwa, jadi tidak hanya dioerientasikan pada pengetahuan dan ketrampilan saja dan terakhir konsep pendidikan perempuan sebagai bukti cinta tanah air. (2) Sedang Konsep pendidikan perempuan dalam sudut pandang Islam juga dianggap penting karena memiliki maksud, fungsi dan tujuan tertentu, yakni Pertama, menuntut ilmu itu kewajiban bagi laki-laki dan perempuan. Kedua, ibu adalah madrasah pertama bagi anak. Ketiga,ibu juga peletak dasar watak dan kepribadian anak, dan terakhir ibu sebagai tiang negara. (3) Konsep pendidikan perempuan perspektif R.A. kartini dirasa sangat relevan dengan konsep Pendidikan perempuan menurut sudut pandang Islam. Dimana konsep pendidikan perempuan yang keduanya tawarkan memiliki persamaan baik itu dari segi maksud, fungsi dan tujuannya. Singkatnya, pendidikan perempuan itu penting agar perempuan mendapatkan haknya dan dapat menjalankan perannya baik sebagai hamba Allah, anggota keluarga maupun anggota masyarakat dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megawati, Megawatimegawati.m394@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pendidkan perempuan; R.A. Kartini; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Megawati Megawati
Date Deposited: 07 May 2018 07:14
Last Modified: 07 May 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24708

Actions (login required)

View Item View Item