Korelasi pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan perilaku sedekah siswa Kelas X di MA Salafiyah Asy Syafi'iyah Jatirogo Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bimantara, Bimantara (2018) Korelasi pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan perilaku sedekah siswa Kelas X di MA Salafiyah Asy Syafi'iyah Jatirogo Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bimantara_D71214033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih di sekolah dan perilaku sedekah siswa, serta korelasi pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan perilaku sedekah siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan materi sedekah ini cenderung dimengerti saja, tidak sampai benar-benar dipahami dan di aplikasikan oleh siswa. Salah satu metode yang tepat dan dapat digunakan pendidik dalam permasalahan di atas adalah memberikan sebuah perintah atau anjuran kepada siswa untuk bersedekah minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Hal itu memang bisa dikategorikan bersifat paksaan. Tetapi hal itu harus dilakukan karena untuk membentuk karakter pribadi dermawan membutuhkan rentan waktu yang panjang. Dengan kebiasaan tersebut, peserta didik akan terbiasa bersedekah dengan sendirinya dan tanpa paksaan. Jenis penelitian di atas berdasarkan tingkat eksplanasi (penjelasan) maka penelitian ini termasuk penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo Tuban yang berjumlah 72 dan kesemuanya menjadi responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik saturation sampling. Menurut jenis datanya, penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis product moment korelasi sederhana yang kemudian diuji hipotesis dengan menggunakan uji signifikan korelasi product moment yang yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesis alternatif diterima atau ditolak. Jika dilihat dengan df= 70 berarti taraf signifikan 5% = 0,232 dan pada taraf signifikasi 1% = 0,302. Berarti r0 > rt baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Sebagai konsekuensinya maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan dari nilai rxy yang diperoleh sebesar = 0,717 maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi. Nilai rxy = 0,717 yang berkisar antara 0,600 sampai dengan 0,799 dengan demikian dapat diperoleh bahwa korelasi antara pembelajaran fiqih di sekolah dengan perilaku sedekah siswa tergolong tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara pembelajaran fiqih di sekolah dengan perilaku sedekah siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bimantara, Bimantarabimantara175@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Perilaku
Keywords: Pembelajaran Fiqih; Perilaku Sedekah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bimantara Bimantara
Date Deposited: 07 May 2018 01:55
Last Modified: 07 May 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24705

Actions (login required)

View Item View Item