Konsistensi aktivis pada ideologi Partai Keadilan Sejahtera: studi Kasus DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahro, Izza Fatimah (2017) Konsistensi aktivis pada ideologi Partai Keadilan Sejahtera: studi Kasus DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Izza Fatimah Azzahro_E94213149.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terdapat di Indonesia ini adalah berlomba-lombanya partai politik untuk menginklusifkan diri dan mewadahi semua basis pemilih. Sedangkan ideologi partai tidak lagi menjadi variabel sentral dalam pembuatan keputusan di internal partai, dan ideologi partai tidak lagi menjadi tolak ukur dalam menyusun suatu kebijakan. Fenomena tersebut terjadi di semua partai politik baik yang berideologi religius maupun nasionalis. Namun yang menarik ada salah satu partai di Indonesia, yang saat ini masih berusaha untuk tetap konsisten terhadap tujuan awal partainya. Partai tersebut ialah Partai Keadilan Sejahtera atau yang sering disebut PKS. Sesuai dengan AD/ART, partai tersebut menyatakan bahwa Islam sebagai asas partainya. Namun pada beberapa tahun belakangan terjadi pergeseran gerakan, dimana adanya masyarakat non muslim yang bergabung dalam keanggotaan PKS, khususnya di DPD PKS Kabupaten Sidoarjo. Dan pada akhirnya Islam sebagai asas yang telah lama mereka terapkan, perlu dipertanyakan keabsahannya. Sehingga pada penelitian ini, penulis berfokus pada tema konsistensi aktivis pada ideologi partai keadilan sejahtera kabupaten sidoarjo, yang akan menjawab dua hal penting. Yaitu: 1). Bagaimana Ideologi yang diterapkan oleh DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Sidoarjo ? 2). Bagaimana Konsistensi Aktivis pada Ideologi yang diterapkan oleh DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Sidoarjo ?. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dimana data-data yang dikumpulkan dan dianalisis berupa penjelasan, keterangan yang bukan bentuk angka-angka. Sedangkan dalam penjelasannya, penelitian ini bersifat deskriptif yaitu suatu bentuk pendekatan yang dilakukan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dan dokumentasi yang didaptkan dari hasil di lapangan. Kemudian dari data-data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan teori politik utamanya teori partai politik. Dan lokasi penelitian ini bertempat di DPD PKS Kabupaten Sidoarjo. Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1) Ideologi yang digunakan oleh PKS adalah Islam sesuai dengan AD/ART dan para aktivisnya pun mengiyakan hal tersebut. 2) Perihal konsistensi aktivisnya, terlihat kurang konsisten dengan apa yang telah dicanangkan dalam AD/ART nya. Para aktivis mengiyakan bahwa ideologi PKS ialah Islam. Namun berbanding terbalik dengan kenyataan, bahwa didalam partai tersebut ada anggota yang non muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahro, Izza Fatimahizzafatimahazzahro@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Keywords: Partai Politik; Ideologi; DPD PKS Kabupaten Sidoarjo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Azzahro Izza Fatimah
Date Deposited: 07 May 2018 08:55
Last Modified: 07 May 2018 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24700

Actions (login required)

View Item View Item