Habib Rizieq Shihab dan Politik: pandangan Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap aktivitas politik Habib Rizieq Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asih, Isnul Rahmawati Dwi (2018) Habib Rizieq Shihab dan Politik: pandangan Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap aktivitas politik Habib Rizieq Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnul Rahmawati Dwi Asih_E04213040.pdf

Download (37MB)

Abstract

Dalam penelitian ini difokuskan untuk menjawab dua masalah utama, yakni: Bagaimana pandangan Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap Aktivitas Politik yang dilakukan Habib Rizieq Shihab dan Bagaimana Peran Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap Aktivitas Politik yang dilakukan Habib Rizieq Shihab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif yang menggunakan analisa kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan pandangan Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap Aktivitas Politik yang dilakukan Oleh Habib Rizieq Shihab dan Untuk mengetahui Peran Front Pembela Islam (FPI) DPW Sidoarjo terhadap Aktivitas Politik yang dilakukan Oleh Habib Rizieq Shihab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pandangan FPI DPW Sidoarjo terhadap aktivitas politik Habib Rizieq Shihab yaitu perjuangan umat Islam dan menegakkan NKRI keduanya termasuk salah satu kewajiban bagi bangsa Indonesia. sebab kedaulatan NKRI haruslah dijaga dengan baik. Meskipun negara Indonesia ini berbeda-beda baik dalam ras, suku, dan agama menjaga NKRI adalah salah satu kewajiban seluruh masyarakat Indonesia. dan masyarakat Indonesia juga haruslah meyakini akan nilai-nilai asas pancasila. Sebab, pancasila adalah salah satu dasar negara Indonesia. FPI DPW Sidoarjo juga mengatakan bahwa antara nasionalis dengan Islam itu haruslah seimbang. Dimana, setiap masyarakat diharuskan untuk menyeimbangkan antara nasionalis dan Islam. Kedua, Peran FPI DPW Sidoarjo terhadap aktivitas politik Habib Rizieq Shihab yaitu, menurut mereka apapun kegiata yang dilakukan jika membawa kebaikan mereka bisa mengikutinya. Tetapi, jika soal politik mereka tidak mengetahui yang mereka tahu ialah hanya sebatas pengajian yang dihadiri oleh para anggota dan masyarakat lainnya. FPI DPW Sidoarjo juga mengatakan peran mereka dalam aksi damai bela Islam ialah sangatlah berperan. Anggota FPI DPW Sidoarjo ada yang mengikuti aksi damai tersebut ada pula yang hanya memantai lewat media elekronik. Dengan begitu motivasi mereka dalam aksi damai bela Islam tersebut semua atas izin Allah. Jika kegiatan tersebut membawa kebaikan bagi mereka yang mengikuti maka boleh saja. mereka sangatlah berpartisipasi dalam membela agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asih, Isnul Rahmawati Dwiisnulrahmawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Politik > Politik Islam
Keywords: Rizieq Shihab; peran politik; FPI DPW Sidoarjo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Asih Isnul Rahmawati Dwi
Date Deposited: 07 May 2018 07:45
Last Modified: 07 May 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24694

Actions (login required)

View Item View Item