Iffah dalam Al-Qur'an dan kontekstualisasinya pada pergaulan bebas remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifani, Sukma Khusnul (2018) Iffah dalam Al-Qur'an dan kontekstualisasinya pada pergaulan bebas remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sukma Khusnul Arifani_E93214100.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya tindakan immoral seksual pada pergaulan remaja seperti kehamilan diluar nikah, prostitusi, dan aborsi. Masa remaja adalah fase pertumbuhan fisik yang diiringi dengan pertumbuhan organ seksual. Hal tersebut mengakibatkan munculnya keinginan melakukan hubungan seksual dalam diri remaja. Padahal Al-Qur'an telah mengajarkan setiap manusia untuk senantiasa memelihara Iffa>hnya, demi terjaganya kehormatan diri maka Al-Qur'an menekankan untuk tidak menjual dirinya. Remaja adalah komponen yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan suatu Negara. Jika remajanya baik maka majulah suatu Negara namun jika remajanya buruk maka hancurlah suatu Negara. Jika suatu Negara mampu mendidik remajanya untuk mengekspresikan gairah masa mudanya dengan hal yang positif dan jauh dari perilaku seksual pranikah serta bertanggung jawab dengan aktivitas seksualnya dari segi agama, biologi dan moral maka Negara tersebut akan menjadi Negara yang sejahtera. Namun hal tersebut tidak akan bisa diharapkan jika remaja sibuk dengan perilaku seksual pranikah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pendapat mufassir tentang konsep Iffah dalam Al-Qur'an?, 2. Bagaimana kontekstualisasi konsep Iffah dalam Al-Qur'an pada pergaulan bebas remaja?. Dalam menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan cara Library Research dengan metode analisis data menggunakan metode penafsiran Maudhu'i. Data primer yang digunakan berasal dari penjelasan-penjelasan mufassir pada kitab tafsirnya sedangkan data sekunder berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian mengemukakan tentang konsep Iffa>hbahwa Iffa>h adalah suatu sifat yang membawa manusia untuk menjauhi kehinaan dan kejahatan dari perkataan maupun perbuatan dan mendorongnya untuk memiliki sifat malu serta mencegahnya dari perbuatan keji, bahil, dusta suka mencela orang lain dan mengumpat. Namun Iffah perlu di kontekstualisasikan salah satunya pada pergaulan remaja. Usaha mengkontekstualisasikan Iffah pada pergaulan remaja dengan cara mengajarkan etika bergaul pada remaja khususnya tentang etika bergaul terhadap lawan jenis. Maka diperlukan pendidikan akhlak pada remaja untuk mewujudkan remaja-remaja yang berkualitas dan jauh dari perilaku seksual menyimpang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifani, Sukma Khusnularifanny_imoets@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Al Qur'an
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Iffah; al-qur' an; pergaulan bebas; remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 08:37
Last Modified: 04 May 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item