PENDAYAGUNAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianah, Amalia Devi (2015) PENDAYAGUNAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik adalah melalui pendayagunaan sarana prasarana yang tepat dalam meningkatkan mutu yang berkelanjutan dapat diterapkan sebagai penunjang mutu pendidikan Islam. Program pendidikan hendaknya serasi dengan tingkat perkembangan subjek didik. Adanya sarana prasarana menjadi bahan pertimbangan dalam upaya mengembangkan suatu program pendidikan yang relevan, efisien dan efektif. Jika program pendidikan mengabaikan sarana prasarana, maka kemungkinan besar program tersebut tidak berdayaguna dan tidak produktif. Fasilitas pendidikan,peralatan dan perlengkapan hendaknya dijadikan sebagai masukan yang berdayaguna untuk keperluan pengembangan dan pelaksanaan program
pendidikan. Pendayagunaan sarana prasarana pendidikan yang baik, efektif dan efisien dapat mempengaruhi peningkatan mutu proses pendidikan. Peningkatan mutu dan
kualitas pendidikan merupakan agenda yang diberikan penekanan (stressing) tersendiri dalam kerangka pembangunan nasional di bidang pendidikan yang dituangkan dalam pembangunan jangka panjang (PJP) II. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana pendayagunaan sarana prasarana di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Dan (2) Bagaimana implikasinya terhadap peningkatan mutu pembelajaran PAI di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pendayagunaan sarana prasarana di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan Untuk mendeskripsikan implikasinya terhadap peningkatan mutu pembelajaran PAI di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif- Kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku
yang dapat diamati. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis Deskriptif (non statistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang
diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Pendayagunaan sarana prasarana yang sudah dilaksanakan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo sudah berjalan cukup baik terhadap peningkatan mutu pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianah, Amalia DeviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Prasarana Pendidikan; Mutu Pembelajaran;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 28 Oct 2015 03:15
Last Modified: 18 Jan 2016 14:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item