تحليل الأخطاء الشفوية لطلبة الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا في تمثيل الأفلام باللغة العربية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nailiyah, Nailiyah (2018) تحليل الأخطاء الشفوية لطلبة الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا في تمثيل الأفلام باللغة العربية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nailiyah_D72214032.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesalahan bahasa yang muncul ketika peneliti melihat peragaan film berbahasa arab karya siswa kelas XII MAN Surabaya. Hal ini mengisyaratkan bahwasanya banyak siswa kelas XII MAN Surabaya yang belum menguasai mata pelajaran bahasa Arab. Kesalahan lisan yang diteliti adalah terkait suara, kaidah, dan gaya bahasa.dengan berjumlah 14 film menggunakan bahasa arab dari kelas XII IPS 1 maupun XII IPS 2. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apa saja kesalahan lisan siswa kelas XII MAN Surabaya pada peragaan film menggunakan bahasa arab ? 2) Apa saja kesalahan lisan siswa kelas XII MAN Surabaya pada peragaan film menggunakan bahasa arab ?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan ditambahkan prosentase untuk lebih menguatkan dan memudahkan pembaca. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa ada 148 kesalahan dari segi suara, 83 kesalahan dari segi kaidah, dan 55 kesalahan dari segi gaya bahasa. Dan pembenaran kesalahannya tertera pada tabel yang terdapat di bab 4. Adapun tafsir kesalahannya yaitu : agaknya siswa terpengaruh oleh struktur bahasa ibu, atau tidak mengetahui kaidah bahasa Arab sebelumnya, atau salah dalam mempraktekkan suara, atau tidak mengetahui cakupan kaidah yang telah ditetapkan, atau terlalu berlebihan dalam menggeneralkan kaidah, atau tidak menguasai kaidah, atau tergesa-gesa dalam menyusun kalimat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nailiyah, NailiyahNailiyah.lia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan; pembenaran kesalahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nailiyah Nailiyah
Date Deposited: 04 May 2018 08:25
Last Modified: 04 May 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24669

Actions (login required)

View Item View Item