Kajian Kitab Turath berbasis musyawarah dalam membentuk tipologi berpikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeh, Mohammad (2018) Kajian Kitab Turath berbasis musyawarah dalam membentuk tipologi berpikir. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Sholeh_F02316062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya untuk mendeskripsikan strategi dan metode musyawarah sebagai salah satu model dalam kajian kitab turath di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diungkap bagaimana peran metode atau model kegiatan musyawarah dalam membentuk tipologi berpikir peserta didik atau santri di Pondok Pesantren Langitan. Dari beberapa sistem pengajaran di atas yang dirasa paling efektif dalam pemahaman materi pelajararan adalah kegiatan musyawarah, Karena dalam kesempatan ini santri dituntut aktif dan bersinggungan langsung dengan materi yang dibahas dengan tidak hanya menggantungkan penjelasan dari guru. Kegiatan musyawarah ini juga sangat mendukung daya analisis dan kritis santri dalam pemahaman teks kitab-kitab kuning dan juga masalah-masalah diluar itu. Oleh karena itu musyawarah haruslah didukung dengan metode yang memadai agar bisa lebih hidup dan berkualitas. Penelitian yang mengambil subyek santri/siswa Pasca Aliyah/Takhassus, mustahiq, pengurus madrasah, pengurus Lajnah Bahthu al-Masa’il dan beberapa unsur lain di Pondok Pesantren Langitan ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data yang terkumpul didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kajian kitab turath dengan menggunakan model musyawarah atau diskusi telah mempu membentuk tipologi berpikir santri, mulai dari kemampuan berpikir kritis, analitis, logis dan kratif meski ada juga beberapa santri yang terkadang bersikap acuh tak acuh ketika mengikuti kegiatan musyawarah karena tingkat pemahaman terhadap kitab turath masih belum maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeh, Mohammadsholehmuhammad27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kitab Turath; Model Pembelajaran; Musyawarah; Pondok Pesantren Langitan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 09:30
Last Modified: 04 May 2018 09:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item