Ẓihar dalam al-qur'an dan kontekstualisasinya dalam persoalan komunikasi suami istri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Anis Widya (2018) Ẓihar dalam al-qur'an dan kontekstualisasinya dalam persoalan komunikasi suami istri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Widiya Ningrum_E93214087.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ẓihar adalah perbuatan yang menyamakan istri dengan ibunya, yang mana setelah penyamaan itu, sang istri telah haram untuk suami, baik ingin mencampuri atau lain sebagainya yang terkait hal tersebut. namun pada dewasa ini ẓihar bukan lagi seperti yang terjadi pada masa Jahiliyah. Dikarenakan Ẓihar pada masa sekarang seorang suami melakukan ẓihar bukan langsung ingin mengatakan perkataan tersebut yang akhirnya dijatuhkan ẓihar. Namun banyak orang sekarang ini yang belum memahami tentang ẓihar. Permasalahan yang diteliti adalah 1) Bagaimana konsep Ẓihar dalam Alqur’an? 2) Bagaimana kontekstualisasi terhadap masyarakat tentang ẓihar pada fenomena masa kontemporer pada persoalan komunikasi suami istri? Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan study kepustakaan dan dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis, yang mana data primer yang digunakan adalah yang berasal dari penjelasan-penjelasan penafsiran dari beberapa muffasir dalam kitab tafsir, serta data sekunder yang berasal dari buku- buku yang relevan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa- sanya, Ẓihar pada masa kontemporer saat adalah penyamaan yang dilakukan suami dikarenakan penghormatan atau pujian kepada istri yang mana pada dasarnya pada saat ini sering kali suami istri jika berkomunikasi menggunakan kata kiasan yang pada akhirnya dari perkataan kiasan tersebut yang tanpa sengaja diucapkan akhirnya bisa jatuh Ẓihar. Maka dari itu suami istri harus menjaga perkataan pada saat komunikasi atau dalam segala keadaan apapun supaya tidak menimbulkan perkataan yang tidak mengenakkan yang mana bisa dijatuhkan sebagai Ẓihar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Anis Widyafaizalanis23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Komunikasi
Al Qur'an
Keywords: Zihar; al-qur'an; komunikasi suami istri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 07:46
Last Modified: 04 May 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24666

Actions (login required)

View Item View Item