Tradisi minum tuak di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Rohmana (2018) Tradisi minum tuak di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmana Fatmawati_I93214070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ada beberapa budaya dan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Keragaman ini tidak lepas dari pengaruh keadaan alam yang ada. Salah satunya dalah tradisi minum tuak yang banyak dilestarikan oleh masyarakat Tuban. Dalam Skripsi ini terdapat tiga fokus yang dikaji, yaitu (1) Bagaimana tradisi minum tuak di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban? (2) Apa yang melatar belakangi terjadinya tradisi minum tuak di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban? (3) Bagaimana sisi positifdan negatif tradisi minum tuak menurut masyarakat di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai dengan pendekatan yang di pakai penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta membandingkan dengan informasi lain yang ada dalam pengumpulan data. Analisis data dalam penelitiaan ini adalah deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Behavioralisme yang dikemukakan oleh Burrhus Frederic Skinner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi minum tuak yang ada di Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban disebabkan keinginan masyarakat untuk melestarikan kebiasaan orang-orang terdahulu dimana terdapat nilai yang menguntungkan bagi para pelaku hingga saat ini seperti presepsi mereka dapat menambah stamina serta sebagai obat beberapa penyakit. Banyak pelaku minum tuak yang mengaku mendapatkan keuntungan lebih dengan meminum tuak dan tidak dirugikan. Tuak bukan sekedar minuman biasa namun bagi masyarakat Desa Tegalrejo tuak merupakan minuman yang dapat mewujudkan tradisi dan penyambung persaudaraan. Kesadaran masyarakat akan bahaya minum tuak masihlah rendah. Ada nilai positif dan negatif dari tradisi tersebut secara norma-norma kehidupan serta bagi kesehatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Rohmanarahmanafatma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya
Keywords: Tradisi minum tuak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fatmawati Rohmana
Date Deposited: 04 May 2018 09:15
Last Modified: 04 May 2018 09:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24656

Actions (login required)

View Item View Item