Penyimpangan perilaku remaja dan kontrol sosial di Desa Menunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Khuswatun (2018) Penyimpangan perilaku remaja dan kontrol sosial di Desa Menunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khuswatun Khasanah_I03214003.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini terdapat dua fokus yang dikaji, yaitu: (1) Apa yang melatar belakangi penyimpangan perilaku remaja di desa Menunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana kontrol sosial masyarakat terhadap penyimpangan perilaku remaja desa Menunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik? Sedangakan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui latar belakangi penyimpangan perilaku remaja di desa Menunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Dan untuk mengetahui bagaimana kontrol sosial masyarakat terhadap penyimpangan perilaku remaja desa MenunggalKecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai dengan pendekatan yang di pakai penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Analisis data dalam penelitiaan ini adalah deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontrol yang dikemukakan oleh Hirschi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah penyimpangan perilaku remaja disebabkan oleh beberapa faktor, dintaranya yaitu akibat dari keluarga broken home yang membuat anak kekurangan kasih sayang. Ada juga remaja yang kurang komunikasi dengan keluarga sehingga membuat dia lebih mudah melakukan hal yang dia inginkan tanpa memikirkan akibatnya. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan melakukan hal-hal posistif yang bermanfaat bagi remaja serta membuat remaja sibuk dengan kegiatan tersebut. Hal-hal positif tersebut ialah dengan diadakannya beberapa organisasi, seperti Karang Taruna yang mayoritas terdiri dari remaja yang memiliki hubungan darah dengan perangkat desa. Adanya Remas yang terdiri dari mayoritas remaja yang mengikuti diniyah di malam hari, para alumni pondok pesantren yang sudah kembali kerumah, dan juga yang suka dalam berorganisasi. Selain itu banyak kegiatan lainnya, seperti adanya lomba volly antar RT, lomba sepakbola, vutsal, banjari dan masih banyak lagi. Tidak hanya masyarakat, tokoh agamapun mempunyai hal-hal positif yang membangun diri remaja untuk semakin dekat dengan sang Maha Pencipta seperti diadakannya tahlilan di malam hari ketika hari kamis, adanya istigotsah setiap jum’at malam legi, dibaan di hari minggu malam, dan kegiatan Ke IPNU_IPPNU an untuk para remaja, entah itu dari kalangan Karang Taruna maupun Remas. Semua diperbolehkan mengikutinya, dan bahkan dianjurkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Khuswatunkhuswatunkhasanah31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Perilaku
Sosiologi
Keywords: Penyimpangan prilaku; remaja; kontrol sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khasanah Khuswatun
Date Deposited: 04 May 2018 08:58
Last Modified: 04 May 2018 08:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item