Analisis nilai-nilai pendidikan karakter studi tokoh: KH. Much. Imam Chambali pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya era tahun 1998-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulfizar, Edmu (2018) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter studi tokoh: KH. Much. Imam Chambali pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya era tahun 1998-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edmu Yulfizar Abdan Syakura_D91214089.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan konsep pendidikan karakter yang sudah banyak dikupas oleh para pakar pendidikan tetapi dalam prakteknya seringkali mengalami benturan bahkan lebih prarahnya lagi tidak seperti yang diharapkan, dan juga hanya sebatas pengetahuan konsep pendidikan karakte diajarkan yang tidak dijadikan satu dnegan pembiasaan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang diperkenalkan oleh KH. Much. Imam Chambali ? (2) Bagaimana bentuk implementasi nilai-nilai pendidikan karakter KH. Much. Imam Chambali dalam memimpin pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dan menggunakan metode pendekatan biografi membahas mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang diperkenalkan oleh KH. Much. Imam Chambali. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Setelah data-data terkait dengan permasalahan di atas terkumpul kemudian data-data tersebut dianalisis. Adapun analisis yang dipakai adalah metode dekriptif dan metode interpretative. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan karakter studi tokoh: KH. Much. Imam Chambali pengasuh pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya era tahun 1998 -2017 mengambil kesimpulan sebagai berikut : (1) Takut kepada Allah, (2) Berakhlakul karimah, (3) Menciptakan ukhuwah Islamiyah. Sedangkan bentuk implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang diperkenalkan KH.Much. Imam Chambali dalam memimpin pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya adalah (1) Aktif shalat berjamaah , (2) Aktif shalat tahajud, shalat dhuha, dan membaca Al-Qur’an, (3) Senang Silahturahmi. Metode yang digunakan dalam aplikasi dari implementasi nilai-nilai pendidikan karakter itu adalah (1) Keteladanan, (2) Simulasi Praktek, (3) Penggunaan Metafora, (4) Ceramah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulfizar, Edmuedmusyukur12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Pesantren
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Tokoh; KH. Much. Imam. Chambali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syakura Edmu Yulfizar Abdan
Date Deposited: 07 May 2018 04:22
Last Modified: 07 May 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24653

Actions (login required)

View Item View Item