Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik

Hamdiyah, Hanik (2018) Peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode role playing kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanik Hamdiyah_D07213014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika, yakni siswa mengalami miskonsepsi bilangan pecahan dan kesulitan dalam merangkai konsep dari gambar atau simbol bilangan pecahan. Selain itu, persentase ketuntasan siswa 7,14% (sangat kurang). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Role Playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik?; 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing pada kelas IV di MI Ma’arif NU Assa’adah Bungah Gresik? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa materi bilangan pecahan melalui metode Role Playing. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas IV. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, wawancara, observasi aktivitas guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Role Playing mata pelajaran Matematika materi bilangan pecahan kategori baik berdasarkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 80,9 termasuk kategori baik, kemudian meningkat di siklus II menjadi 96,5 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 76,7 termasuk kategori baik, kemudian di siklus II meningkat menjadi 95,4 termasuk kategori sangat baik; 2) Peningkatan pemaham konsep siswa mata pelajaran Matermatika materi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Role Playing dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I 68 dengan kategori cukup, kemudian meningkat di siklus II menjadi 84 termasuk kategori baik. Persentase ketuntasan belajar siswa di siklus I 21,42% termasuk kategori kurang, di siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,42% termasuk dalam kategori sangat baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman; Konsep bilangan pecahan; Matematika; Metode role playing
Subjects: Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamdiyah Hanik
Date Deposited: 09 May 2018 02:11
Last Modified: 09 May 2018 02:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24650

Actions (login required)

View Item View Item