Eksistensi budaya sesajen dalam pernikahan adat Jawa di Desa Leran Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotijah, Hariyana (2018) Eksistensi budaya sesajen dalam pernikahan adat Jawa di Desa Leran Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hariyana Khotijah_I93214060.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana eksistensi budaya sesajen dan apa makna sesajen bagi masyarakat Leran dalam pernikahan adat Jawa di tengah masyarakat Desa Leran Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sebuah sub pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai pendapat para tokoh agama tentang budaya sesajen yang ada di Desa Leran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat Desa Leran Kecamatan Senori Kabupaten Tuban ini adalah teori Konstruksi Sosial Peter L Berger dan Thomas Lukhmann. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Eksistensi Budaya Sesajen dalam Pernikahan Adat Jawa sudah ada sejak dahulu dan budaya ini turun temurun dari nenek moyang yang diwariskan kepada generasi masa kini. (2) Makna sesajen memiliki arti tasyakuran atas diberikannya kelancaran atau tolak bala dalam melakukan acara pernikahan. Serta bentuk penghormatan atau pemberian kepada pihak yang telah berjasa dalam membantu acara pernikahan seperti sesajen yang ditempatkan oleh pembantu yang memasak di dapur. Selain itu dukun tukang pembantu rias pengantin juga diberikan sesajen sebagai bentuk imbalan atas jasa merias pengantin tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotijah, HariyanaHariyana.khotijah11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan Jawa
Nikah
Uncontrolled Keywords: Budaya sesajen; pernikahan adat Jawa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khotijah Hariyana
Date Deposited: 04 May 2018 08:20
Last Modified: 04 May 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24641

Actions (login required)

View Item View Item