الإطناب في سورة النّجم وفائدته: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

firmansyah, bintang (2018) الإطناب في سورة النّجم وفائدته: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bintang Firmansyah_A91214111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ithnab adalah cabang dari ilmu ma’ani, yakni ilmu yang ditinjau dari segi keindahan makna, untuk membantu pengungkapan suatu kalimat agar cocok dengan tuntutan keadaan, dengan mencakup salah satu tujuan balaghah yang dapat diketahui melalui rangkaian dan kalimatnya serta qarinah-qarinah yang meliputinya. Surah An-Najm termasuk ke dalam golongan surah-surah makkiyyah dan merupakan surah ke 53 dari Al-Qur’an yang terdiri dari 62 ayat. Surat ini diturunkan sesudah surah Al-Ikhlash dan dinamai dengan An Najm (bintang) yang diambil dari ayat pertama surat ini. Dalam surat ini Allah swt bersumpah dengan An Najm ialah karena bintang-bintang yang timbul dan tenggelam, besar manfaatnya bagi manusia sebagai pedoman bagi manusia untuk melakukan pelayaran di lautan, perjalanan padang pasir, untuk menentukan peredaran musim dan lainya. Skripsi ini mempunyai dua rumusan masalah, pertama, ada berapa ayat dalam surat An-Najm yang mengandung ithnab dan macamnya, kedua, apa saja faidah ithnab dalam surat An-Najm. Dalam rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif analitis yaitu: prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis. Metode deskriptif ini menggunakan pengumpulan data dengan kajian pustaka berupa kata dan bukan dari angka. Metode analisis yang digunakan adalah balaghah yaitu 1. Membaca surat An-Najm ayat demi ayat. 2. Mengelompokkan ayat-ayat yang mengandung ithnab dalam surat An-Najm. 3. Menganalisis ayat-ayat yang mengandung ithnab dalam surat An-Najm. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah . 1). Terdapat 33 ayat dalam surat An-Najm yang mengandung unsur ithnab. 2). Terdapat enam dari sepuluh macam ithnab dalam surat An-Najm yaitu At-Tikrar pada ayat 2, 5, 8, 9, 10, 17, 30, 43, 44, 45, 47, 48, 49, 50. , Dzikrul al-Khaas ba’da al-‘Am pada ayat 4, 14, 15, 16, 48, Dzikrul al-‘Am ba’da al-Khaas seperti pada ayat 7, 52, 56, 62, at-Tadzyiil seperti pada ayat 38, 39, 54, 57, 60, kemudian al- iyghol pada ayat 31, serta al-idhah ba’dal ibham pada ayat 23, 26, 28, 32, 36, dan 37.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
firmansyah, bintangkejorabintang2846@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Estetika
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Ithnab; surat An-Najm
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firmansyah Bintang
Date Deposited: 04 May 2018 07:40
Last Modified: 04 May 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item