Konstruksi identitas fujoshi di media sosial instagram: studi kasus korean lovers di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Islaniyah, Al Islaniyah (2018) Konstruksi identitas fujoshi di media sosial instagram: studi kasus korean lovers di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Al Islaniyah_B96214111.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif. Penelitian memiliki fokus pada bagaimana korean lovers yang ada di Surabaya melakukan aktivitas-aktivitas di media sosial instagram dalam mengkonstruksi identitas mereka sebagai seorang fujoshi dan bagaimana mereka melakukan pertukaran pesan di media sosial instagram. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan tersebut berguna untuk menghasilkan uraian mengenai fakta dan data yang kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan teori new media dan konstruktivisme. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa korean lovers dalam mengkonstruksi dirinya sebagai fujoshinmelalui 3 tahapan, yaitu pengamatan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan fujoshi atau yaoi terlebih dahulu, ketertarikan terhadap konten yaoi dan rasa ingin mengekspresikan rasa sukanya, dan sehingga kemudian timbul tindakan atau action sebagai fujoshi di media sosial instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial tersebut. Dari mulai membuat akun, menyukai dan membagikan foto dan video, dan bertukar pesan melalui direct massage, kolom komentar dan biografi instagram. Berdasarkan hasil penelitian inim beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan penelitian selanjutnya adalah mengembangkan penelitian terkait dengan media sosial sebagai pembelajaran studi komunikasi yang lebih mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Islaniyah, Al Islaniyahnianio.esa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Media Massa
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Identitas fujoshi; media sosial instagram
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 06:50
Last Modified: 03 May 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24627

Actions (login required)

View Item View Item