Strategi pemasaran zakat, infaq, shodaqoh, wakaf (Ziswaf) dan implementasinya di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZDAU) Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholili, Ahmad (2018) Strategi pemasaran zakat, infaq, shodaqoh, wakaf (Ziswaf) dan implementasinya di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZDAU) Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Kholili_B74214016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan lembaga dakwah dan sosial semakin banyak. Lembaga tersebut menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWAF). Dana ZISWAF diberikan kepada umat yang membutuhkan dan berhak menerimanya, seperti anak yatim, piatu, dan dhuafa. Hal tersebut mengakibatkan pemilik lembaga harus memiliki strategi pemasaran dan mampu implementasi dengan baik. Strategi pemasaran digunakan untuk meningkatkan jumlah penghimpunan dan menambah donatur. Strategi pemasaran juga harus terdapat implementasi yang sesuai ajaran agama islam. Strategi pemasaran juga harus mengikuti pengembangan teknologi, informasi dan pengembangan yang lain berdasarkan ajaran agama islam. Hal tersebut menjadi keunikan untuk meneliti bagaimana strategi pemasaran yang berlandaskan ajaran agama islam. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu : 1) Konsep Strategi Pemasaran, 2) Proses Strategi Pemasaran, 3) Implementasi Strategi Pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kualitatif descriptive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam teknik validitas data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data yang terdiri dari deskripsi, coding dan kategorisasi, kemudian penarikan kesimpulan dari data yang telah dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran menggunakan proses STP (Segmenting, Targetting, Positioning). Proses segmenting dilakukan dengan melihat beberapa aspek, antara lain geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Proses targeting menentukan segmen-segmen pasar yang potensial, seperti perumahan elit di wilayah Sidoarjo, pengurus masjid, guru sekolah, guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), anak-anak sekolah dan mahasiswa. Proses positioning dilakukan dengan mendesain citra lembaga dengan baik. Oleh karena itu, strategi pemasaran perlu direncanakan dan dikelola dengan baik. Perencanaan dan pengelolaan ini dilakukan oleh Manager Fundraising.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholili, Ahmadahmadkholili29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Konsep Strategi Pemasaran; Proses Strategi Pemasaran; Implementasi Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Kholili Ahmad
Date Deposited: 04 May 2018 07:23
Last Modified: 04 May 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24625

Actions (login required)

View Item View Item