Peningkatan hasil belajar Matematika materi Perkalian menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT) pada siswa Kelas III-B MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik tahun pelajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nur Hidayatur (2018) Peningkatan hasil belajar Matematika materi Perkalian menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT) pada siswa Kelas III-B MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayatur Rohmah_D97214093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran matematika, kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar kurangnya pemahaman konsep dalam materi perkalian pada mata pelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit dan mereka kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT) pada siswa kelas III perkalian pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik Tahun Pelajaran 2017/2018? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, tes tertulis, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini telah berjalan dengan baik dan berhasil mengalami peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Heads Together (NHT) pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 82,5 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 95.83 (sangat baik). Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80 (baik) menjadi 95 (sangat baik) pada sikus II. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase keberhasilan kelas 57,89% (kurang) dan rata-rata 72,10 (cukup), siklus I diperoleh persentase keberhasilan kelas 78,94% (baik) dan rata-rata 80,46 (baik) dan pada siklus II persentase keberhasilan kelas dan rata-rata meningkat dengan 94,73% (sangat baik) dan rata-rata 91,91 (sangat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nur Hidayaturhidayahday9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa; Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Heads Together (NHT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 05:18
Last Modified: 03 May 2018 05:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item View Item