Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Pecahan melalui pendekatan Realistics Mathematics Education pada siswa Kelas II MI Al Ikhlash Surabaya

Syarifah, Nadiyah (2018) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Pecahan melalui pendekatan Realistics Mathematics Education pada siswa Kelas II MI Al Ikhlash Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Syarifah Nadiyah_D07214021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya konsep pemahaman mata pelajaran matematika materi pecahan, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu, banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika itu sulit yang menjadikan mereka kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Realistics Mathematics Education. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan Realistics Mathematics Education untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas II MI Al Ikhlash Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan melalui pendekatan Realistics Mathematics Education pada siswa kelas II MI Al Ikhlash Surabaya? PTK ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian dari teori Kurt Lewin yang memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflection). Cara pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan pendekatan Realistics Mathematics Education pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,7 meningkat menjadi 89,7 pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I 71,7 meningkat menjadi 95 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari penilaian tes berupa evaluasi di akhir pembelajaran. Pada kegiatan pra-siklus sebelum menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 59,2 dengan nilai persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 24%. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 73,8 dan nilai persentase ketuntasan belajar sebesar 72%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 89 dan nilai persentase ketuntasan belajar sebesar 96% dan termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuniati, Wahyuniati
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa; Matematika; Pendekatan Realistics Mathematics Education
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiyah Syarifah
Date Deposited: 03 May 2018 07:32
Last Modified: 03 May 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item