Bimbingan dan konseling Islam dengan teori behaviour melalui media video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya

Karimah, Siti Mentia (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan teori behaviour melalui media video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mentia Karimah_B932121411.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skirpsi ini adalah 1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dengan terapi video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya 2) Bagaimana hasil bimbingan dan konseling Islam dengan terapi video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winaf’ah Surabaya. Tujuan penulisan skripsi ini adalah dengan mendiskripsikan proses dan juga hasil dari bimbingan dan konseling Islam dengan terapi video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya. Terapi yang digunakan adalah dengan video edukasi yang ada di internet salah satunya adalah Video Dodo dan Syamil. Memutarkan video Dodo dan Syamil ini adalah salah satu cara untuk mengendalikan emosi klien, karena didalam video tersebut terdapat sebuah hikmah atau pelajaran yang bisa dijadikan contoh untuk klien. Jenis penelitian dalam skripsi ini bersifat kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan menganilsa data-data yang sudah didapat. Proses bimbingan dan konseling Islam melalui media video edukasi ini memiliki tahapan atau langkah-langkah sebagai berikut: 1) Identifikasi, dimulai dari mengidentifikasi profil konseli dan juga identifkasi masalah konseli, 2) Diagnosis, yaitu mengamati sebab terjadinya masalah tersebut terjadi, 3) Prognosis, yaitu merencanakan agar mengurangi sikap konseli yang bermasalah, 4) Treatment, yaitu didalamnya terdapat sebuah proses bimbingan dan konseling Islam melalui video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak tersebut, 5) Evaluasi, istilah lainnya adalah follow up yaitu melihat kembali hasil atau dampak dari bimbingan dan konseling Islam dengan terapi video edukasi tersebut. Data diambil melalui observasi perilaku dengan wawancara kepada teman dan juga tetangga konseli. Mengamati perilaku sebelum dilakukannya proses bimbingan dan konseling Islam dengan terapi video edukasi ini dengan sesudah dilakukan proses treatmen tersebut. Kemudian adanya gambar atau foto proses konseli medapatkan terapi video edukasi tersebut. Hasil observasi dengan mengurang sikap awal dengan sikap akhir kemudian dibagi dengan sikap awal dan dikalikan 100 %. Hasil dari proses tersebut adalah berkurangnya sikap konseli yang awalnya memukul 6 kali menjadi 3 kali, sikap mendorong awalnya 4 kali menjadi 2 kali, dan sikap bersuara keras yang awalnya 5 kali menjadi 3 kali. Didapat dengan prosentase memukul yaitu 50 %, mendorong 50 % dan yang terakhir bersuara keras 60%. Hasil wawancara sebelum dan sesudah juga mengatakan bahwa adanya sedikit perubahan terhadap sikap konseli. Dilihat dari hasil tersebut dapat disimpulkan adanya perubahan sikap dari proses bimbingan dan konseling Islam dengan teori behaviour melalui media video edukasi untuk mengendalikan emosi seorang anak di TPA Siti Winafi’ah Surabaya. Peneliti atau konselor selanjutnya lebih efektif jika memakai jangka waktu yang panjang agar mendapatkan dampak yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fahmi, Lukman
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; video eduksi; mengendalikan emosi
Subjects: Bimbingan Konseling
Media Massa
Psikologi > anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:38
Last Modified: 03 May 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24617

Actions (login required)

View Item View Item