Bimbingan konseling Islam dengan reward dan punihsment untuk mengurangi perilaku agresif pada seorang anak di Pondok Sosial Kalijudan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Nur Aini (2018) Bimbingan konseling Islam dengan reward dan punihsment untuk mengurangi perilaku agresif pada seorang anak di Pondok Sosial Kalijudan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Aini Maghfiroh_B93214108.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses bimbingan konseling islam dengan reward dan punishment untuk mengatasi perilaku agref pada anak di pondok sosial Kalijudan? (2) Bagaimana hasil akhir dari penerapan teknik reward dan punishment untuk mengatasi perilaku agresif pada anak di pondok sosial Kalijudan? Menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif komparatif. Dalam Bab III peneliti melakukan identifikasi masalah menggunakan teknik wawancara dan observasi yang langsung kepada konseli. Untuk mengumpulkan data informasi mengenai konseli beserta latar belakangnya dengan melakukan beberapa pertemuan. Kemudian melakukan diagnosis guna mengetahui latar belakang penyebab permasalahan konseli. Setelah memahami permasalahan yang dialami oleh konseli, langkah selanjutnya yakni prognosis. Setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada konselidan berbagai pertimbangan, maka konselor mengambil satu treatment yang akan diberikan kepada konseli. Konselor menggunakan Reward dan Punishmenti agar dapat membantu mengurangi kesulitan yang dialami konseli. Kemudian langkah selanjutnya ialah langkah pemberian bantuan atau terapi dengan jenis teknik yang sudah di tentukan, barulah kemudian peneliti mendeskripsikan permasalahan dan cara menanganinya, dalam terapi telah peneliti paparkan bentuk reward dan punishment yang berangsur-angsur diberikan kepada konseli. Dalam bab IV peneliti mengkomparasi kondisi konseli sebelum dan sesudah diberikan treatment. Berdasarkan urutan analisis proses pelaksnaan konseling langkah pertama, peneliti yang sekaligus sebagai konselor mulai mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan kepada konseli dan membangun Repport dengan orang-orang yang konselor mintai data dan keterangan yakni para pendamping yang bertugas di Pondok Sosial Kalijudan. Pada langkah kedua yakni peneliti melakukan penilaian terhadap gejala-gejala yang konseli alami dan menetapkan jenis masalah konseli. Langkah ketiga, yaitu peneliti sekaligus konselor merencanakan dan merumuskan teknik terapi yang sesuai dan relevan dengan masalah konseli. Hasil penelitian dari pelaksanaan BKI dengan Reward dan Punishment dapat di katakan berhasil, dilihat dari pengamatan peneliti pada saat sebelum dan sesudah proses konseling di lakukan, konseli sudah mulai menunjukkan perubahan seperti konseli lebih tenang dalam mengelola emosi, terbuka dengan lingkungan maupun dengan anggota keluarga, lebih terlihat bisa bersosial, sehingga bisa menjadi orang yang lebih baik dan berguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Nur Ainiainimaghfiroh04@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pembelajaran
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; reward; punishment; perilaku agresif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:25
Last Modified: 03 May 2018 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item