الصراع الاجتماعي في رواية "فتح الأندلس" لجرجي زيدان: دراسة الأدب الاجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Toiyibatul (2018) الصراع الاجتماعي في رواية "فتح الأندلس" لجرجي زيدان: دراسة الأدب الاجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Toiyibatul Hidayah_A71214083.pdf

Download (2MB)

Abstract

George Zidan adalah seorang novelis Libanon. Ia dikenal dengan karya-karyanya yang bertemakan sejarah, salah satunya adalah Novel Fatih Al-Andalus (Sang Penakluk Andalusia). Novel ini menggambarkan tentang kondisi sosial masyarakat Spanyol selama masa kepemimpinan raja Roderick yang dianggap sebagai raja yang kejam pada rakyatnya. Berbagai konflik sosialpun telah dialami oleh rakyat Spanyol demi membebaskan diri dari kekejaman raja Roderick dan para pengikutnya. Berdasarkan hal itu, pada kajian berikut peneliti menggunakan teori konflik sosial sebagai pendekatan dalam membahas dan menganalisis novel Fatih Al-Andalus karya George Zidan. Dalam pembahasan ini, fokus permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk konflik sosial yang terjadi dalam novel Fatih Al-Andalus?, 2) Apa faktor-faktor penyebab terjadinya konflik sosial dalam novel Fatih Al-Andalus?. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk konflik sosial dalam novel Fatih Al-Andalus, adapun diantaranya peneliti menemukan 7 bentuk konflik sosial, yaitu: permusuhan, penindasan, percekcokan, pemerkosaan, perkelahian, pembunuhan dan peperangan. Sedangkan penyebab konflik sosial, peneliti hanya menemukan tiga macam penyebab konflik dari empat macam faktor terjadinya konflik, yaitu: 1) perbedaan individu, 2) perbedaan kebudayaan dan 3) perbedaan kepentingan politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Toiyibatultoyyibatul23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sosiologi
Sastra
Uncontrolled Keywords: Konflik Sosial; Fatih Al Andalus
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hidayah Toiyibatul
Date Deposited: 04 May 2018 06:49
Last Modified: 04 May 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item