Konseling re-edukasi keluarga untuk meningkatkan pola asuh efektif bagi orang tua single dalam membantu mengelola waktu anak di Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Alvy Hasniah (2018) Konseling re-edukasi keluarga untuk meningkatkan pola asuh efektif bagi orang tua single dalam membantu mengelola waktu anak di Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvy Hasniah Ramadhani_B93214097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Konseling Re-Edukasi Keluarga Untuk Meningkatkan Pola Asuh Efektif Bagi Orang TuaSingle Dalam Membantu Mengelola Waktu Anak? (2) Bagaimana Hasil Konseling Re-Edukasi Keluarga Untuk Meningkatkan Pola Asuh Efektif Bagi Orang TuaSingle Dalam Membantu Mengelola Waktu Anak? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif mengupas studi kasus warga di Wonocolo, Surabaya. Penelitian ini menggunakan konseling re-edukasi keluarga dengan melakukan pemberian masukan tentang cara pola asuh yang baik kepada ibu konseli dan mempertemukan konseli dan ibu konseli ke dalam satu ruangan. Analisis data menggunakan analisis deret waktu analisis data deret waktu yaitu mengumpulkan data dari waktu ke waktu dan dicatat secara teliti kemudian menyusun data sebagai data statistik. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan konseling re-edukasi keluarga, dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat pola asuh yang baik dari orang tuanya. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dengan konseling re-edukasi keluarga yaitu perubahan dalam diri konseli, menerapkan pola asuh yang baik kepada ibu konseli serta mempertemukan konseli dan ibu konseli dalam satu ruangan. (2) Hasil akhir dari proses konseling re-edukasi keluarga untuk meningkatkan pola asuh efektif dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan sikap dan perilaku konseli yang sebelumnya kurang pola asuh dari orang tua seperti perhatian dari orang tua, mengontrol anak dan kepedulian orang tua sekarang konseli menjadi lebih diperhatikan oleh orang tuanya tentang pola asuhnya seperti perhatian, mengontrol anak dan kepedulian anak menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Alvy Hasniahalvyhasniah24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Konseling re-edukasi; keluarga; pola asuh efektif; orang tua single
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:36
Last Modified: 03 May 2018 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item View Item