Konseling trait and faktor guna membangun penerimaan diri mantan penderita kusta di Desa Sumber Glagah Pacet-Mojoketo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afida Roini, Afida Roini (2018) Konseling trait and faktor guna membangun penerimaan diri mantan penderita kusta di Desa Sumber Glagah Pacet-Mojoketo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afida Roini_B93214096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1)Bagaimana proses konseling trait and faktor dalam membangun penerimaan diri seorang mantan penderita kusta di desa Sumber Glagah, Pacet-Mojokerto? (2) Bagaimana hasil akhir dari penerapan konseling trait and factor pada seorang mantan penderita kusta di desa Sumber Glagah, Pacet-Mojokerto? Menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif fenemenologis, jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi, suatu model atau pendekatan dalam penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kesadaran atau pengalaman seseorang atau lebih tentang suatu fenomena. Dalam bab III peneliti mendeskripsikan permasalahan dan cara menanganinya, dan dalam bab IV peneliti mengkomparasi kondisi konseli sebelum dan sesudah diberikan treatment. Dalam proses penanganan permasalahan konseli yaitu kurang rasa percaya diridan sikap puus asa konselor menggunakan. Konseling Trait and Factor yang terdiri dari beberapa langkah yakni tahap pertama (pengarahan oleh peneliti), tahap kedua (pengubahan pikiran dan sikap dengan pendekatan konseling trait and factor), tahap ketiga (waktu, tempat, hari dan tanggal pelaksanaan dari konseling trait and factor). Adapun informan penelitian adalah istri konseli, putri konseli, tetangga dan konseli sendiri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi sikap reduksi fenomenologis ilmiah, pembuatan bagian-bagian deskripsi, mentransformasi makna dan data, dan langkah terakhir ialah menentukan kesimpulan dari suatu fenomena. Hasil penelitian dari pelaksanaan konseling trait and faktor dapat di katakan berhasil, dilihat dari pengamatan peneliti pada saat sebelum dan sesudah proses konseling di lakukan, konseli sudah mulai menunjukkan perubahan seperti konseli lebih tenang dalam mengelola emosi, terbuka dengan lingkungan maupun dengan anggota keluarga, lebih terlihat bisa bersosial, sehingga bisa menjadi orang yang lebih baik dan berguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afida Roini, Afida Roiniafidaroyni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kesehatan
Kesehatan

Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Konseling; trait and factor; penerimaan diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:22
Last Modified: 03 May 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24605

Actions (login required)

View Item View Item