Partisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu sebagai kearifan lokal di Dusun Njaretan Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrassusiani, Renyta (2018) Partisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu sebagai kearifan lokal di Dusun Njaretan Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Renyta Indrassusiani_I73214040.pdf

Download (30MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses partisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu di Dusun Njaretan Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo? 2. Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu di Dusun Njaretan Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo?
Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Max Weber yaitu Tindakan Sosial.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Proses diadakannya Tradisi kirab tumpeng pitu di dusun Njaretan Kelurahan Urangagung dimulai pada tahun 2016. Dimana pada saat itu prosesi tradisi kirab tumpeng pitu digelar untuk acara tasyakuran memperingati tahun baru Islam atau yang biasa disebut satu muharram, dan sekaligus untuk memperingati penemuan situs Sendang Agung di Dusun Njaretan Kelurahan Urangagung. (2) Bentuk Prtisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu melalui bebrapa tahapan antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemanfaatan atau evaluasi. Setelah melalui beberapa tahapan tersebut, jenis-jenis partisipasi masyarakat dusun Njaretan dalam melestarikan tradisi kirab tumpeng pitu diantaranya: a) Partisipasi Uang/dana yang disumbangkan warga dusun Njaretan Urangagung. b) Partisipasi Tenaga melalui gotong royong warga dalam pembuatan tumpeng pitu. c) Partisipasi Emosional/Mental yang melibatkan semua warga dusun Njaretan Urangagung mengikuti tradisi kirab tumpeng pitu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrassusiani, Renytarenyta.indrass01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya
Keywords: Partisipasi masyarakat;Tradisi kirab tumpeng pitu; Kearifan lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Indrassusiani Renyta
Date Deposited: 04 May 2018 08:21
Last Modified: 04 May 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item