Radio dan eksistensi budaya lokal : program "suegelle lek" di radio Suzana fm Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Nuril Ilma (2018) Radio dan eksistensi budaya lokal : program "suegelle lek" di radio Suzana fm Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuril Ilma Farida_B06214025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang motif radio membuat program Suegelle Lek yang berkarakter budaya lokal dan bagaimana program Suegelle Lek yang berkarakter budaya lokal dilihat dalam prespektif ekonomi media. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka peneliti melakukan pengkajian dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sesuai dengan permasalahan tersebut maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Dari penelitian tersebut mendapatkan hasil yaitu motif radio Suzana FM membuat program Suegelle Lek untuk mewujudkan dan melestarikan budaya lokal melalui nama program yang diplesetkan, menghidupkan suasana malam hari, membuat gimmick atau variasi program Suegelle Lek, dialek bahasa Suroboyoan. Dilihat dari perspektif ekonomi media program Suegelle Lek ini mendapat respon pendengar dan rating tinggi, iklan di Program Suegelle Lek tidak sebanding dengan respon pendengar dan rating yang diperoleh karena pengiklan mempercayai bahwa jam malam tidak banyak yang mendengarkan selain itu juga persaingan iklan di media lain sangat tinggi. Selain dari iklan program Suegelle Lek ini mendapat keuntungan berupa Endorse. Support Endorse yang diberikan pendengar berupa hadiah – hadiah untuk pemenang setiap episodenya. Sehingga radio tidak mengeluarkan biaya untuk pemenang primor. Hal ini merupakan bentuk kecintaan pendengar terhadap program Suegelle Lek. Radio Suzana FM lebih mengutamakan program yang berkarakter budaya lokal karena radio ingin menjaga eksistensinnya dimasyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Nuril Ilmanurililmal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Radio - Penyiaran
Keywords: Radio; Budaya Lokal; Program Suegelle lek
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 01:32
Last Modified: 03 May 2018 01:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item