Peningkatan keterampilan menulis pribadi dengan media Audio Visual (video) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Hasyim Asy'ari Jambangan Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Ilmi Nur (2018) Peningkatan keterampilan menulis pribadi dengan media Audio Visual (video) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Hasyim Asy'ari Jambangan Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Nur Aida_D97214108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas IV untuk menulis surat pribadi. Hal ini dibuktikan dengan hasil tulisan surat pribadi hampir 75 % nilainya di bawah KKM sedangkan sisanya hanya 25 % yang tuntas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Audio Visual (Video) dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo. Serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dengan media Audio Visual (Video) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan II terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo yang terdiri dari 40 siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan media Audio Visual (Video) berjalan dengan baik pada siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus I meningkat dari 82,95 (baik) menjadi 95,23 (memuaskan) pada siklus II. Sama halnya dengan aktivitas siswa juga meningkat dari 77, 27 (Cukup) pada siklus I menjadi 92,85 (Memuaskan) pada siklus II. Ini semua dikarenakan guru lebih bisa memperhatikan semua siswanya, tidak membeda-bedakan. Sehingga semua siswa mendapatkan pengajaran yang sama di siklus II. 2) Adanya peningkatan keterampilan menulis surat pribadi setelah diterapkannya media Audio Visual (Video) terlihat dari hasil ketuntasan keterampilan menulis siswa meningkat dengan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pra siklus adalah 65,62 (kurang), pada tahap siklus I adalah 67,4 (kurang) dan pada siklus II menjadi 89 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Ilmi Nurilminurai@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Surat Pribadi; Audio Visual (Video)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aida Ilmi Nur
Date Deposited: 03 May 2018 08:21
Last Modified: 03 May 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item View Item