Penggunaan alat peraga pada materi alat pencernaan manusia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik

Fatimah, Siti (2018) Penggunaan alat peraga pada materi alat pencernaan manusia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Fatimah_D97214098.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi Alat Pencernaan Manusia di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. Metode yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan pemanfaatan alat peraga yang kurang dimaksimalkan oleh guru pada saat pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal hanya 17,24% siswa yang nilainya diatas KKM. Berdasarkan hal tersebut guru perlu menginovasi pembelajaran yang baru dan meningkatkan penggunaan alat peraga, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia sehingga membantu siswa mempermudah dalam memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia siswa kelas V di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. 2) mendeskripsikan peningkatan keberhasilan penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia siswa kelas V di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planing), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik pada siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 29. Data penelitian didapat dengan menggunkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan aktivitas guru dari siklus I 60,34 (Sangat kurang) pada siklus II menjadi 82,76 (Baik), aktivitas siswa dari siklus I 59,61 (Sangat kurang) pada siklus II menjadi 81,73 (Baik). (2) peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa saat prasiklus 17,24% (Kurang sekali), siklus I 51,72% (Kurang), dan pada siklus II 79,31% (Baik).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wakhidah, Nur
Uncontrolled Keywords: Alat peraga; Materi alat pencernaan manusia; Pemahaman siswa
Subjects: Belajar
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatimah Siti
Date Deposited: 03 May 2018 02:53
Last Modified: 03 May 2018 02:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item