Radikalisme di kalangan mahasiswa Surabaya: studi kasus kreteria radikalisme menurut Yusuf al-Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hammad, Ahmad Mohammad (2018) Radikalisme di kalangan mahasiswa Surabaya: studi kasus kreteria radikalisme menurut Yusuf al-Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Mohammad Al Hammad_E01213005.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Studi ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang mendorong munculnya radikalisme di kalangan mahasiswa Surabaya dengan menggunakan kreteria Yusuf al-Qardhawi. Adapun kreteria Radikalisme menurut Syeikh Yusuf al-Qardhawi dalam bukunya yang berjudul al-Shahwah al-Islamiyah bayn al-Juhud wa al-Tatarruf. tersebut bahwa, Radikalisme memiliki enam kreteria antara lain. Pertama, mereka sering mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak sependapat dengan isi pikirannya. Kedua, Radikalisme mempersulit agama Islam yang sejatinya ringan (sambah) dengan berargumen bahwa ibadah sunnah seakan-akan wajib dan makruh seakan-akan haram. Ketiga, mayoritas kelompok radikal sangat berlebihan dalam beragama yang tidak pada maqom (tempatnya). Keempat, dalam menjalin sebuah interaksi sosial mereka cenderung kasar, keras dalam bicara dan bersikap emosional dalam berdakwah. Kelima, kelompok radikal mudah berburuk sangka kepada orang lain di luar golongannya. Kemudian yang terakhir atau yang Keenam kelompok Radikalisme mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan empat organisasi yakni Gema Pembebasan, Jamaah Tabligh, FKAWJ (Forum Komunikasi Ahlus Sunnah Wal Jamaah, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). Pada saat yang sama, masuknya faham radikalisme yang mengagungkan budaya Islam yang konservatif dan ikut mendorong timbulnya kelompok yang sering menuduh kelompok lain sebagai musuh, kafir dan boleh diperangi. Pemahaman terhadap pola keberagamaan melalui kegiatan diskusi, ta’lim wa ta’allum dan aksi dem disinyalir menjadi pemicu terjadinya radikalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hammad, Ahmad MohammadMuhammadjamalalayyubi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Uncontrolled Keywords: Radikalisme; Diskusi dan Pola Keberagaman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hammad Ahmad Mohammad Al
Date Deposited: 03 May 2018 05:09
Last Modified: 03 May 2018 05:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24590

Actions (login required)

View Item View Item