Syaikh Ahmad Khatib Sambas Pendiri Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (1803-1875 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurkholim, Wawan (2017) Syaikh Ahmad Khatib Sambas Pendiri Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (1803-1875 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wawan Nurkholim_A82213168.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian yang dilakukan penulis dalam penelian ini adalah, Bagaimana riwayat hidup Syaikh Ahmad Khatib Sambas dan pendirian Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah? serta bagaimana perkembangan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Indonesia? Makalah ini disusun berdasarkan metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan sejarah dan teori biografi yang dikemukakan oleh Taufik Abdullah, yang mendefinisikan biografi membantu manusia memahami dinamika sejarah untuk mengenang tokoh yang dikisahkan. Guna untuk membantu penulis dan pembaca, menganalisis tempat dan waktu yang menjadi setting sejarah sang tokoh. Yang dimana penulis, akan memaparkan mengenai perjalanan hidup Syaikh Ahmad Khatib Sambas dari masa kecil hingga menjadi tokoh besar dan sekaligus sebagai pendiri tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Yang cukup terkenal luas dan fenomenal di Indonesia, tujuan utama penulis adalah mengen alkan siapa pendiri tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandinyah yang sebenarnya, kepada seluruh penganut/ pengikut tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah saat ini. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1. Latar belakang riwayat hidup Syaikh Ahmad Khatib Sambas dan proses pendirian Tarekar Qadiriyah wa Naqsyabandiyah, 2. Persebaran dan perkembangan tarekat Qadiriya wa Naqsyabandiyah di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurkholim, Wawannurkholimwawan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah Peradaban Islam
Tasawuf
Ulama
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Syaikh Ahmad Khatib Sambas; Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nurkholim Wawan
Date Deposited: 11 May 2018 06:55
Last Modified: 11 May 2018 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item