Model kurikulum sekolah alam : telaah terhadap pengembangan kurikulum Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo Klaten

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Sam Adi Ramadhan Putra (2018) Model kurikulum sekolah alam : telaah terhadap pengembangan kurikulum Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo Klaten. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sam Adi Ramadhan Putra Agustin_D71214079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya karakter merupakan dasar dari kualitas diri seseorang untuk dapat menjadi insan yang mulia. Sekolah bukan tempat untuk menggembleng murid dengan tumpukan informasi tetapi juga melatih kematangan berpikir serta kedewasaan bersikap. Itulah yang kurang diperhatikan oleh sekolah-sekolah pada umumnya. Untuk menjawab tantangan pendidikan tersebut, maka SD Alam Bengawan Solo (ABS) hadir sebagai sekolah di mana model dan pengembangan kurikulum yang dipakai menerapkan pembelajaran yang berkarakter dan terintegrasi dengan lingkungan. Permasalahn yang dibahas pada penelitian ini adalah: (1) Apa model kurikulum yang digunakan oleh SD ABS?, (2) Bagaimana pengembangan kurikulum SD ABS?, (3) Apa yang menjadi problematika kurikulum SD ABS? Maka dari itu dalam penelitian kali ini peneliti bertujuan untuk mengetahui model dan pengembangan kurikulum, serta hambatan dan solusi dari kurikulum SD ABS. Metode penelitian yang diterapkan oleh penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD ABS menggunakan dua kurikulum yaitu personal kurikulum dan KTSP. Model kurikulum yang digunakan adalah humanistik. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan bakat dan minat siswa. Dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum terdapat beberapa faktor yang menjadi problematika antara lain : wali murid yang kurang yakin, masyarakat sekitar yang kurang mendukung , kekurangan biaya, fasilitator yang sering berganti, dan siswa yang sering dibully sekolah lain. Usaha untuk mengatasi problematika dalam pengembangan kurikulum tersebut: membangun hubungan komunikasi yang baik dengan wali murid, sosialisasi dengan masyarakat sekitar, pembuatan proposal sponsorship, menambah tunjangan fasilitator, dan menganjurkan siswa memilih rute jalan yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Sam Adi Ramadhan PutraSamadiramadhan123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Model Kurikulum; Pengembangan Kurikulum; Sekolah Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustin Sam Adi Ramadhan Putra
Date Deposited: 07 May 2018 07:18
Last Modified: 07 May 2018 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item