Peningkatan kemampuan menghitung luas bangun datar Trapesium dan Layang-layang mata pelajaran Matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas V MI AL Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhidah, Nikmatul (2018) Peningkatan kemampuan menghitung luas bangun datar Trapesium dan Layang-layang mata pelajaran Matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas V MI AL Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nikmatul Wakhidah_D77214072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yang menjelaskan bahawa rendahnya kemampuan menghitung siswa khususnya pada materi luas bangun trapesium dan layang-layang disebabkan kurang optimalnya guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Berdasarkan dari data dokumentasi nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V materi luas bangun trapesium dan layang-layang, adalah 56 dan persentase ketuntasan belajar adalah 31,25% dari 32 jumlah siswa seluruhnya yang dapat mencapai nilai KKM yakni 75. Hal ini tidak sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni ≥80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi CTL pada materi luas bangun trapesium dan layang-layang serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung materi luas bangun datar trapesium dan layang-layang melalui strategi CTL siswa kelas V MI Al-Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa dan tempat penelitian di MI Al-Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar dokumentasi, dan butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi CTL pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Al-Hikmah dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor observasi guru dan siswa yang meningkat. Skor observasi guru meningkat dari skor 61,84 (tidak baik) pada siklus I menjadi 80,26 (baik) pada siklus II. Skor observasi siswa meningkat dari skor 64,47 (tidak baik) pada siklus I menjadi 82,89 (baik) pada siklus II. 2) Kemampuan menghitung siswa juga meningkat dan dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa dari skor 56 (tidak baik) pada pra siklus menjadi 69,06 (cukup) pada siklus I kemudian menjadi 80,31 (baik) pada siklus II. Kemampuan menghitung meningkat dapat dilihat juga dari persentase ketuntasan belajar dari skor 31,25% (sangat tidak baik) pada pra siklus menjadi 62,5% (tidak baik) pada siklus I kemudian menjadi 81,25% (baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhidah, Nikmatulnikmawakhid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Matematika
Pendidikan
Keywords: Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL); kemampuan menghitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wakhidah Nikmatul
Date Deposited: 02 May 2018 07:50
Last Modified: 02 May 2018 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item