Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui strategi problem based learning siswa kelas 1 MI Darun Najah Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Emylia Sugiarto (2018) Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui strategi problem based learning siswa kelas 1 MI Darun Najah Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Emylia Sugiarto Putri_D77214062.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Darun Najah Sukodono. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru kelas dimana dinyatakan lebih dari 50% siswa mendapat nilai dibawah KKM dalam menghitung penjumlahan dan pengurangan. Untuk itu, peneliti menggunakan strategi problem based learning. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan pembelajaran yang menarik, dan meningkatkan antusias siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) untuk mengetahui penerapan strategi problem based learning dalam materi berhitung penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 MI Darun Najah. 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Darun Najah. Metode penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 1 MI Darun Najah Sukodono. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi problem based learning pada kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan dilakukan 2 siklus dengan hasil yang berbeda. Pada Siklus I hasil observasi aktivitas guru adalah 87.5 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 82.8 (baik). Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan, hasil observasi aktivitas guru adalah 92 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 89 (sangat baik). 2) Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 MI Darun Najah pada Siklus I rata-rata kelas yaitu 79 (cukup) dimana belum mencapai indikator kinerja minimal 80. Pada Siklus II mengalami peningkatan rata-rata kelas yaitu 86 (sangat baik). Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari Siklus I 64% menjadi 84% pada Siklus II dengan kenaikan 20%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Emylia Sugiartoemyliasugiarto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung; penjumlahan dan pengurangan; strategi problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Emylia Sugiarto
Date Deposited: 02 May 2018 04:58
Last Modified: 02 May 2018 04:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24566

Actions (login required)

View Item View Item