Pengaruh konseling kelompok dengan teknik Johari window untuk meningkatkan keterampilan pengungkapan diri yang tepat pada ibu-ibu muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Normayanti, Novita Yuli (2018) Pengaruh konseling kelompok dengan teknik Johari window untuk meningkatkan keterampilan pengungkapan diri yang tepat pada ibu-ibu muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Yuli Normayanti_B73214074.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah bagaimana pengaruh konseling kelompok dengan teknik johari window untuk meningkatkan keterampilan pengungkapan diri yang tepat pada ibu-ibu muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro? Adapun indikator dari variabel terikat (Y) adalah (1) jumlah informasi, (2) sifat dasar permasalahan, (3) penyampaian masalah, (4) gender atau lawan jenis bicara. Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen One Group dengan bentuk one group pretest dan posttest design untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Johari Window untuk Meningkatkan Keterampilan Pengungkapan Diri yang Tepat pada Ibu-Ibu Muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro. Subyek penelitian adalah 30 Ibu-Ibu Muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu (7,54725 > 2,04523) selanjutnya nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Setelah didapatkan hasil analisis datanya maka hasil akhir adalah Konseling Kelompok dengan Teknik Johari Window berpengaruh pada Peningkatan Keterampilan Pengungkapan Diri yang Tepat pada Ibu-Ibu Muda di Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Normayanti, Novita Yulinnovitayuli@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Sosial
Wanita
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok; Johari window; pengungkapan diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 04:04
Last Modified: 02 May 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24565

Actions (login required)

View Item View Item